--> Skip to main content

Tips Menentukan Bibit Bawang Bombay Yang Baik Dan Benar

Seringkali bibit flora dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan atau kegagalan perjuangan budidaya suatu tanaman, khususnya dalam menanam bawang. Meskipun tidak mutlak kebenarannya , akan tetapi bagaimanapun juga bibit memegang peranan yang sangat penting sekali bagi keberhasilan dalam budidaya tanaman.

Bibit bawang bombay yang tidak baik dan rendah kualitasnya tidak sanggup terlalu banyak diperlukan untuk sanggup memperlihatkan hasil yang maksimal atau memuaskan . Oleh lantaran itu , menentukan bibit menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya bawang bombay.

Bibit Bawang Bombay, kalau dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih agaknya lebih sulit untuk mendapat bibit bawang bombay. Hal ini sanggup dimaklumi lantaran memang pembudidayaan bawang bombay masih belum semeriah atau serpopuler bawang merah dan bawang putih.

Cara Memilih Bibit Bawang Bombay Yang Baik Dan Benar


Beberapa jenis bibit impor nampaknya merupakan salah satu alternatif yang sanggup dipilih untuk menanam bawang bombai sebagai bibit bawang bombay tentu saja perlu dicari jenis-jenis yang sesuai dengan kondisi alam dan iklim di tanah Indonesia sanggup juga mengadakan bibit sendiri atau menciptakan diri sendiri bawang bombay baik berupa biji maupun umbi-umbi nya.
Baca Pula : Cara Membuat Sendiri Bibit Bawang Bombay Dari Biji

Pada dasarnya bawang bombay sanggup dikembangbiakkan dengan umbi maupun dengan biji-biji bawang. Di Indonesia dalam penggunaan bibit berupa umbi lebih Umum dilakukan meskipun harganya relatif lebih mahal.



Sebetulnya dengan memakai bibit dari biji akan lebih murah. Dengan biji sanggup dibentuk persemaian untuk menghasilkan bibit flora muda yang kemudian ditanam di lahan perkebunan atau persawahan. Dengan biji juga sanggup dihasilkan umbi muda dalam ukuran tertentu yang cocok dan baik untuk bibit. Umbi bibit dari biji ini disebut sebagai sets.

Bibit Semai Dari Biji Bunga Bawang Bombay

Cara menanam bawang bombai sanggup dilakukan dengan memakai biji yang dipersembahkan terlebih dahulu. Dengan biji-biji bawang bombay ini biasanya sanggup dihasilkan umbi tunggal dan merupakan cara murah dalam budidaya bawang bombay, lantaran memang harga bibitnya relatif murah.
Seringkali bibit flora dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan atau kegagalan perjuangan budid Tips Memilih Bibit Bawang Bombay yang Baik dan Benar
Gambar Bibit Bunga Bawang Bombay
Sayangnya bawang bombai sulit sekali berbunga dan mengeluarkan biji-bijinya. Apalagi di Indonesia yang iklimnya tropis dengan suhu udara rata-rata yang tinggi. Selain itu, meskipun bawang bombay sanggup menghasilkan biji, biji bawang bombay jarang yang anggun mutunya untuk dijadikan bibit dan sebagian besar biji-biji gabug.

Pilihan yang sanggup dilakukan dalam persoalan bibit bawang bombay ialah dengan mendatangkannya dari luar negeri. Dan cara ini juga ada kelemahannya. Yaitu, kondisi ekologi yang tidak sama merupakan salah satu masalahnya dan untuk mendatangkannya perlu hati-hati sekali yang harus dipilih jenis paling yang paling cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar