--> Skip to main content

Cara Budidaya Menanam Mentimun Supaya Buahnya Banyak

Budidaya mentimun pada lahan sawah yang baik dan benar semoga buahnya banyak, Sebenarnya mentimun atau timun merupakan sayuran yang cocok sekali ditanam atau di budidayakan dalam tanah yang ringan, baik itu di tempat panas maupun tempat berhawa dingin.

Cara menanam mentimun yang baik dan benar itu direkomendasikan supaya menanam timun pada waktu menjelang animo kemarau. Baik saat menanam mentimun di sawah maupun menanam timun dalam polybag.karena pada animo kemarau sangat baik sekali untuk pertumbuhan mentimun.

Jenis-Jenis Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun sanggup dibedakan atas beberapa jenis berikut ini :

Mentimun Biasa
Jenis mentimun biasa mempunyai kulit yang berwarna putih kehijauan dan lunak panjang mentimun biasa sanggup mencapai 15 cm.

Mentimun Krai
Jenis mentimun krai mempunyai warna kulit yang hijau renta dengan garis-garis putih . Buah dari mentimun krai agak kecil.

Mentimun Watang
Jenis mentimun watang mempunyai buah yang besar dan panjang mencapai 20 cm. Mentimun watang mempunyai kulit yang berwarna hijau bergaris garis putih

Mentimun Bonteng Suri
Jenis mentimun Bonteng Suri buahnya besar,dagingnya harum dan sering dipakai sebagai adonan dalam sirup.

Timun Hercules Plus
Jenis timun hercules mempunyai pertumbuhan yang berpengaruh dan seragam, Hampir pada tiap ruas tumbuhan muncul calon-calon buah.

Tanaman timun jenis hercules ini sangat toleran terhadap virus terutama pada virus gemini. Bentuk buahnya silindris dan lurus, Panjang buahnya hingga 21 cm yang garis tengahnya hingga 4,5 cm, warnanya hijau keputih-putihan, rasanya jarang yang pahit, 33 hari dari sudah sanggup dipanen.

Cara Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak


Dari banyak sekali jenis timun di atas dalam penanamannya atau cara menanam timun semoga buahnya banyak, langkahnya ialah pengolahan tanah dan menanamkan biji timun. 
Budidaya mentimun pada lahan sawah yang baik dan benar semoga buahnya banyak   Cara Budidaya Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak
Cara budidaya menanam mentimun semoga buahnya banyak
Pengolahan tanah-tanah yang akan ditanami mentimun usahakan bebas dari pohon-pohon yang rimbun atau menentukan tempat yang jauh dari rerimbunan pohon, sehingga menjadi terbuka dan mendapat sinar matahari secara penuh. Tanah yang akan ditanami timun hendaknya dibajak dan disisir hingga rata,sekaligus dicampur kan pupuk kompos ke dalamnya. Kemudian dibentuk alur-aluran dangkal dengan jarak 120 hingga 150 cm.

Menanam Biji Mentimun yang Baik Dan Benar


Cara menanam mentimun semoga buahnya banyak yaitu dengan menancapkan biji mentimun eksklusif ditempat penanaman tanpa disemaikan terlebih dahulu . Untuk mempercepat pertumbuhan tumbuhan timun, sebaiknya biji-biji mentimun tersebut direndam terlebih dahulu dalam air selama 24 jam.

Biji biji mentimun ditanamkan kedalam lubang pada alur-alur sedalam 4 cm dengan jarak tanam antara baris 120 hingga 150 cm, antara tumbuhan 40 hingga 60 cm. Dan lubang lubang nya dimasuki biji biji mentimun sebanyak 2 hingga 3 biji.

Cara Memelihara Tanaman Timun yang Baik Dan Benar

Cara memelihara tumbuhan tidaklah sulit, hanya cukup melaksanakan penyiraman pada mentimun , pemangkasan pada mentimun, pengajiran pada mentimun, pemupukan dan pemberantasan hama dan penyakit pada tumbuhan timun.

Cara Menyirami Timun
Menyirami tumbuhan timun sanggup dilakukan secukupnya saja. Sebab jikalau tumbuhan timun terlalu dibanjiri air akan mengakibatkan bibit-bibit timun menjadi rusak dan bahkan busuk.

Pemangkasan Pada Mentimun semoga Buahnya Banyak

Tanaman mentimun yang terlalu rimbun daunnya hendaknya dipotong ujungnya sedemikian rupa. Sehingga tinggal 3 hingga 4 helai daun saja. Hal ini atau pemangkasan ini dilakukan untuk tujuan semoga tumbuhan timun gampang bercabang, timun cepat berbuah.

Membuat Lanjaran Timun

Untuk menjaga supaya tumbuhan mentimun tidak menjalar ke mana-mana, setiap batang tumbuhan timun di sampingnya harus dipasang Ajir atau lanjaran.
Budidaya mentimun pada lahan sawah yang baik dan benar semoga buahnya banyak   Cara Budidaya Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak
Cara menciptakan lanjaran timun
Cara menciptakan lanjaran timun sanggup dibentuk dari ranting bambu yang bercabang-cabang yang di tancap-tancapkan sempurna disamping tangkai tanaman.

Pemupukan Mentimun yang baik dan benar Agar Buahnya Banyak

Cara pemupukan timun, pupuk yang diberikan pertama kali pada waktu mentimun pertama kali berbunga dengan pupuk pupuk buatan. Hal itu sebagai pupuk dasar timun.
Budidaya mentimun pada lahan sawah yang baik dan benar semoga buahnya banyak   Cara Budidaya Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak
Cara Budidaya Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak
Cara pemupukan pada tumbuhan timun yaitu dibenamkan sedalam 5 cm ke dalam tanah dengan jarak 7 hingga 10 cm disekitar atau di sekeliling tumbuhan mentimun.

Sedangkan pemupukan yang kedua dilakukan sehabis 2 hingga 3 ahad kemudian.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Tanaman mentimun sering sekali diserang hama gurem yaitu penyakit yang suka menyerang daun-daun mentimun, bunga-bunga mentimun, dan bahkan buah mentimun itu sendiri. 

Pemberantasan hama penyakit ini sanggup dilakukan dengan cara menyemprotkan Dialdrin 20% ,1% hingga 2% dicampur dengan koper fungisida.

Cara Memanen Tanaman Mentimun

Setelah mentimun berumur 1 1/2 hingga 2 bulan hingga tiga hari sekali. Mentimun yang tidak dipetik dan dibiarkan buahnya menjadi besar-besar dan renta ternyata akan mengurangi jumlah buah.
Itulah sedikit cara budidaya mentimun pada lahan sawah yang sanggup bawang-bawangan tuliskan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar