--> Skip to main content

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Tifus (Tipes) atau Demam Tifoid adalah penyakit yang terjadi karena adanya Infeksi bakteri Salmonella Typhi. Penyakit ini umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu,  bagian tubuh yang rentan mengalami gangguan terdapat pada saluran cerna, khususnya usus halus.

Terdapat banyak anjuran serta pantangan makanan bagi penderita tipes. Selain obat yang dianjurkan dokter,  apa saja makanan yang baik untuk penderita tipes?

Makanan dengan kandungan kalori tinggi merupakan jenis makanan yang paling direkomendasikan bagi para penderita tipes, hal ini karena makanan berkalori tinggi mampu diolah dengan cepat oleh tubuh menjadi energi.
Tipes
Selain itu, penuhi kebutuhan makan anda dengan makanan yang kaya protein dan berserat halus. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi, makanan pedas, dan berlemak yang nantinya malah memperberat kerja system pencernaan terutama usus yang sudah meradang.

Berikut  makanan yang dianjurkan untuk penderita tipes agar sembuh lebih cepat :

Makanan Berkabohidrat, seperti Bubur, Nasi, dan Kentang

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan, hal ini dikarenakan tekstur bubur yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, terutama usus.

Jika anda merasa bubur kurang menarik, untu lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang kedelai, serta sedikit suwiran dada ayam rebus agar lebih nikmat

Baca Juga : Makanan untuk meningkatkan ketajaman Otak

Nasi dijadikan opsi agar dapat dipilih bagi anda yang kurang berselera dengan menu bubur, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi nasi.

Nasi mengandung karbohidrat sederhana, selain itu memiliki kalori tinggi sehingga dapat memberikan energi instan bagi penderita agar lebih kuat dalam melawan penyakit tipes.

Sebaiknya nasi disajikan dengan tekstur yang lebih lembut dari biasanya, bisa disajikan dengan mengolahnya menjadi nasi tim berisi kaldu ayam, telur rebus, jamur merang, bawang putih, dan bawang bombay, jahe serta dada ayam yang di potong dadu agar mendapatkan gizi yang lengkap.

Kentang yang disajikan juga sebaiknya di tumbuk agar lebih halus dan mudah di cerna, atau biasa kita mendengar mashed potato, kentang ini sangat pas bila disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipes.

Kentang mengandung beberapa nutrisi dan gizi penting, bisa dipadukan dengan bahan dasar seperti susu, beberapa sayuran, serta rempah sehingga lebih nikmat dan bisa menggugah selera.

Makanan Berprotein, seperti Telur, Ikan, dan Dada Ayam

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Bukan itu saja, telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi, diantaranya seperti kalsium, mineral, zat besi, asam amino esensial dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai kandungannya tersebut, maka tak heran apabila telur termasuk salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes. Sebelum disajikan, telur dapat di olah dengan cara di rebus, di dadar atau di orak arik dengan campuran sedikit minyak zaitun atau minyak wijen.

Baca Juga : Apakah benar kuning telur berbahaya untuk kesehatan?

Ikan kaya akan kandungan protein hewani yang sangat mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi. Beberapa ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes.

Olah ikan dengan cara di rebus, di tim atau di pepes dengan tambahan beberapa rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap.

Dibandingkan daging sapi, daging ayam terutama bagian dada lebih rendah lemak dan memiliki serat yang lebih halus, sehingga lebih cocok dikonsumsi oleh penderita tipes. Dada ayam rebus yang di suwir atau di potong dadu dapat dijadikan pelengkap dari menu utama makanan untuk penderita tipes seperti bubur, nasi dan kentang tumbuk.

Satu porsi dada ayam mengandung protein sekitar 25 gram, kalori sebesar 170 Kkal dan ditambah dengan kandungan zat besinya yang mampu mencukupi 4% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan.

Buah-buahan, seperti Pisang, Alpukat, dan Buah Berry

Pisang berkhasiat dalam membantu meredakan gejala demam dan diare yang dialami oleh penderita tipes, berkat senyawa pektin didalamnya. Di samping itu, kandungan potasiumnya yang tinggi mampu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

Alpukat tergolong salah satu Superfood. Bagaimana tidak, berbekal kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral dan lemak baik didalamnya, buah alpukat seringkali direkomendasikan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Menambahkan alpukat ke dalam menu makanan untuk penderita tipes menjadi salah satu pilihan cerdas guna mempercepat penyembuhan.

Buah Berry bersifat anti-bakteri berkat berbagai senyawa antioksidan dan nutrisi penting didalamnya, sehingga dapat diandalkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Rasanya yang menyegarkan sangat cocok dikonsumsi baik secara langsung atau di olah menjadi jus berry yang menyehatkan.

Sayuran, seperti Wortel, Buncis, dan Sayur Bayam

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan mata, namun mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus.

Cobalah untuk mengolah sayuran satu ini dengan cara dipanggang, karena konon wortel panggang mengandung antioksidan yang lebih tinggi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan wortel mentah.

Baca Juga : Selain Wortel, inilah makanan untuk Kesehatan Mata

Buncis memiliki kandungan serat yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan membebani kerja usus dan saluran cerna lainnya. Selain itu, buncis juga mampu meningkatkan imunitas karena merupakan sumber flavonoid dan karotenoid yang bertindak sebagai senyawa antioksidan.

Bayam menjadi salah satu asupan penting yang tak bisa dikesampingkan kehadirannya. Sebab sayuran yang satu ini sarat akan zat besi, asam folat, vitamin K, vitamin C, lutein dan antioksidan yang kesemuanya memiliki andil besar dalam membantu mengatasi penyakit tipes.

Pilihlah bayam segar dengan daun yang masih muda, kemudian olah lah dengan cara direbus sebagai teman makan nasi tim atau kentang tumbuk.

Dengan mencoba beberapa Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Tipes diatas, semoga gejala Tipes yang menyerang segera sembuh. Sehat selalu untuk kita semua!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar