--> Skip to main content

Macam-Macam Jenis Pupuk Dan Kegunaannya Bagi Tanaman

Macam-Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman, Semua jenis tumbuhan khususnya tumbuhan sayuran menyerap zat-zat makanan dari dalam tanah, menyerupai kita ketahui ada tanah yang kurang mengandung zat- zat makanan yang dibutuhkan tumbuh-tumbuhan, akan tetapi ada juga tanah yang memang menyediakan zat-zat hara atau unsur-unsur makanan tumbuh-tumbuhan itu dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, demikian zat-zat makanan tumbuh-tumbuhan yang tersedia cukup banyak didalam tanah itu belum semuanya dalam keadaan siap untuk diserap oleh akar tanaman, gres sebagian kecil saja yang sudah dalam keadaan sanggup diserap oleh tanaman. 

Oleh alasannya ialah itu, untuk memperoleh hasil dan mutu tumbuhan yang maksimal perlu diadakan usaha-usaha. sehingga zat-zat Hara didalam tanah yang semula belum sanggup diserap oleh akar menjadi siap diserap oleh setiap akar tanaman. Usaha tersebut sanggup dilakukan dengan jalan pemupukan

Tujuan Pemupukan pada Tanaman
Tujuan pemupukan pada tumbuh-tumbuhan atau tumbuhan ialah sebagai berikut :

1. Menambah zat-zat Hara di dalam tanah, sehingga kebutuhan makanan bagi tumbuhan sanggup tercukupi .
2. Memperbaiki struktur tanah yaitu merubah zat-zat makanan yang semula tidak gampang diserap menjadi lebih gampang dan siap diserap oleh akar tanaman.

Tersedianya zat-zat hara didalam tanah dalam keadaan cukup dan siap diserap akar mengakibatkan pertumbuhan tumbuhan berlangsung terus, tanpa mengalami adanya hambatan-hambatan. hambatan-hambatan yang timbul tentu akan mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan dengan terlihatnya tanda-tanda gejala yang kurang wajar.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman
Setidaknya ada 12 unsur zat zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk diserap oleh akar dari dalam tanah.
Zat-zat makanan yang sangat dibutuhkan tanaman. Akan tetapi seringkali kurang cukup tersedia di dalam tanah.
Zat-zat makanan yang sangat dibutuhkan tumbuhan antara lain nitrogen fosfor dan kalium.

1. Nitrogen Atau Zat Lemas
Nitrogen atau zat lemas sangat berkhasiat dalam pertumbuhan tanaman, sanggup sebagai penambah panjang tumbuhan dan menyuburkan bagian-bagian ujung batang maupun daun tanaman. nitrogen sangat cocok untuk sayuran daun menyerupai kubis, bayam, Kol dan selada.

Kekurangan zat nitrogen akan menjadikan kondisi tumbuhan sebagai berikut :
1. Pertumbuhan tumbuhan terasa lambat.
2. Daun tumbuhan kecil kecil dan pucat.
3. Hasil panen yang didapatkan terlalu rendah.

Adapun kelebihan nitrogen atau zat lemas akan menjadikan hal-hal berikut ; warna daun tumbuhan menjadi sangat renta , tumbuhan gampang terjangkit penyakit.

Nitrogen atau zat lemas itu banyak terdapat pada pupuk pupuk buatan menyerupai halnya sendawa chili,ZA ,Urea, pupuk kandang, pupuk hijau dan kotoran-kotoran burung.

2. Fosfor
Fosfor sangat dibutuhkan dalam pembentukan bunga yang selanjutnya akan menjadi buah dan biji dari sebuah tanaman. fosfor juga berfungsi sebagai pendorong akar tumbuhan untuk sanggup tumbuh memanjang dan kuat, sehingga tahan terhadap kekeringan.
Fosfor sangat cocok untuk sayuran buah menyerupai Biet, kentang dan wortel

Adapun kekurangan fosfor akan menjadikan pertumbuhan tumbuhan terlambat, daun tumbuhan tidak begitu rimbun. bahkan mengakibatkan warna daun menjadi coklat dan buah tumbuhan hanya menghasilkan sedikit, kecil-kecil dan juga terlambat masak.

Fosfor banyak terdapat pada pupuk hijau, pupuk kandang, kotoran burung dan pupuk buatan DS.

3. Kalium
Zat kalium sangat dibutuhkan dalam pembentukan zat tepung dalam tanaman, Zat kalium memperkuat tumbuh tumbuhan dan tumbuhan menjadi tahan terhadap serangan penyakit.
Zat kalium Banyak terdapat pada paten kali, Abu kayu dan ZK.

Kekurangan zat kalium akan menjadikan kondisi tumbuhan sebagai berikut :
1. Tanaman tumbuh kurang berpengaruh .
2. Daun dan buah tumbuhan hanya sedikit .
3. Tanaman gampang terjangkit penyakit .
4. Tanaman tidak tahan terhadap kondisi kekurangan air .

Macam-Macam Pupuk Yang di Butuhkan Tanaman


Berdasarkan bentuknya pupuk yang diberikan pada tumbuhan sanggup dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pupuk buatan dan pupuk alam.

Jenis Pupuk Buatan

Pupuk buatan ialah pupuk yang dibentuk oleh pabrik pabrik. Pupuk terdiri atas banyak sekali macam adonan bahan-bahan kimia.

Jenis-jenis pupuk buatan yang banyak dijual di toko-toko pupuk antara lain : UREA Atau ureo, ZA, DS, Sendawa Chili, Fosfat Cirebon, Tepung Kapur, Dan lain-lain .
Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman Macam-Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman
pupuk organik via youtube.com
Pada umumnya pupuk buatan menyerupai UREA, tepung Kapur dan sebagainya,mudah sekali larut didalam tanah bersama air hujan. Oleh alasannya ialah itu. Pupuk buatan tersebut biasanya digunakan untuk pemupukan setelah tumbuhan ditancapkan. Setelah tumbuhan kira-kira berumur 10 hingga 15 hari diulangi lagi 2 Sampai 3 Kali pemupukan selama pertumbuhan tumbuhan dengan batas waktu masing-masing kurang lebih 10 hari. Kecuali pupuk DS yang tidak gampang larut dalam tanah. Pupuk DS hanya diberikan pada tumbuhan terutama sayuran 1 Kali saja bersama dengan pupuk sangkar sebagai pupuk dasar sebelum tumbuhan ditanamkan.

Jenis Pupuk Alam

Pupuk alam biasanya disebut sebagai pupuk organic. Bahan dari pupuk alam berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau kotoran kotoran hewan.

Pupuk alam sanggup dibedakan sebagai berikut ;
1. Pupuk Kandang
2. Pupuk Hijau
3. Pupuk Kompos.

Pupuk Kandang

Pupuk yang berasal dari kotoran kotoran binatang ternak yang sudah tercampur dengan rumput-rumput atau jerami. 

Pupuk sangkar banyak mengandung zat zat makanan yang dibutuhkan tanaman, menyerupai zat lemas atau nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, zat kapur dan sebagainya. 

Pupuk sangkar yang masih muda belum sanggup digunakan sebagai pupuk. lantaran suhunya masih tinggi. untuk itu, Pupuk sangkar yang masih muda perlu ditimbun terlebih usang lagi di daerah yang teduh untuk mempercepat proses pembusukannya.

Tanda-tanda Pupuk sangkar yang sudah masak dan sanggup digunakan sebagai pupuk antara lain sebagai berikut ;

1. Bentuk rumput dan kotoran sudah tidak terperinci lagi.
2. Berwarna kehitam-hitaman.
3. Suhunya tidak panas.
4. Praktis ditaburkan.

Pupuk Hijau

Pupuk hijau berasal dari dalam tanah. biasanya pupuk hijau daun pribadi dimasukkan ke dalam tanah dalam keadaan belum membusuk. Daun-daun tumbuhan yang sering digunakan sebagai pupuk hijau antara lain daun dari tumbuhan kacang-kacangan menyerupai kacang tanah, Turi, kedelai, lamtoro, dadapan, sengon maritim dan lain sebagainya

Pupuk Kompos

Pupuk kompos ialah pupuk yang dibentuk dari banyak sekali macam adonan materi menyerupai sampah-sampah, daun-daunan, ranting muda, rumput, jerami, dan sedikit kotoran binatang ternak yang telah ditimbun usang sudah membusuk dan menghancur.
Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman Macam-Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman
Inilah Cara Membuat Pupuk Kompos Organik
Pupuk kompos mengandung zat-zat makanan sama dengan yang terkandung di dalam pupuk sangkar . namun kadarnya sedikit lebih rendah.

Pupuk organik baik pupuk kandang, pupuk hijau dan pupuk kompos biasanya diberikan sebelum penanaman sebagai pupuk dasar.

Pupuk-pupuk tersebut dicampurkan dengan tanah hingga merata pada dikala pembuatan bedengan-bedengan. Atau dimasukkan ke dalam lubang tumbuhan 1 ahad sebelum penanaman dilakukan, dengan ukuran 1 kg setiap lubang.

Kemudian pada dikala tumbuhan hendak ditanam, pupuk diaduk terlebih dahulu dengan tanah hingga merata, selanjutnya ditutup dengan tanah galian.

Pemupukan dengan pupuk buatan sanggup dilakukan dengan cara-cara berikut ini :

1. Pupuk dimasukkan ke dalam tanah dengan ditugal.
2. Membuka tanah di sekeliling tanaman.
3. Pupuk dilarutkan ke dalam air. Kemudian disiramkan pada sekeliling tumbuhan tanaman.
Referensi : Bercocok Tanaman Sayuran, Sugeng Hr, Aneka ilmu, 2008
Jenis pupuk npk mutiara,macam-macam pupuk kimia dan fungsinya,jenis pupuk kimia dan kandungannya,nama-nama pupuk pertanian,macam macam pupuk anorganik,jenis pupuk kimia dan manfaatnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar