--> Skip to main content

Klasifikasi Dan Morfologi Bawang Bombay

Klasifikasi Bawang Bombay dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay, BawangBawangan.Com Bawang Bombay ialah salah satu diantara bumbu dapur yang terpenting yang berperan menyerupai bumbu bawang merah. Tanaman Bawang bombay di duga berasal dari Palestina hingga akirnya bawang bombay seluruh negara-negara beriklim tropis dan sub-tropis di dunia, termasuk di indonesia.

Namun, masih sedikit orang Indonesia yang mengenal dan memakai bawang bombay padahal sebetulnya bawang bombai ini bukan terbilang gres di Indonesia. Memang bawang bombay dibanding dengan bawang merah dan bawang putih kalah terkenal di Indonesia.

Bawang bombay ini dikenal dan dipakai dalam lingkungan yang sangat terbatas. terutama di kota-kota besar saja. Sebagian masyarakat pedesaan di Indonesia masih awam sekali terhadap bawang bombay ini, namun akhir-akhir ini bawang bombai semakin menyebar luas.
Klasifikasi Bawang Bombay dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay Klasifikasi dan Morfologi Bawang Bombay
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tumbuhan Bawang Bombay
Bawang bombay di sebut juga sebagai bawang timur yang masih dalam satu garis keturunan dengan bawang merah. yang mana bawang merah mempunyai nama ilmiyah allium cepa L.

Perbedaan antara bawang bombay dengan bawang merah sebetulnya tidak terlalu mencolok, kecuali bentuknya yang terlihat berbeda dan amis aromanya yang juga berbeda.

Tanaman Bawang Bombay ini sesungguhnya gampang sekali di budidaya dan ditanamkan, bahkan bawang bombay ini sanggup tumbuh baik di dataran tinggi maupun pada dataran rendah.

yang terpenting bagi pertumbuhan bawang bombay ini ialah bawang bombay harus di beri air yang cukup dan pancaran sinar matahari yang sesuai dengan kebutuhnnya.

Secara Klasifikasi dalam ilmu biologi tumbuh-tumbuhan, bawang bombay sanggup di klasifikasi dan morfologi, sebagai berikut ini :

Klasifikasi Tanaman Bawang Bombay

Jenis : Allium cepa L.
Golongan : Allium
Keluarga : Liliaceae
Ordo/ Peringkat: Liliales
Sub kelas : Lilidae
Kelas/Tingkat kumpulan : Liliopsida
Divisi (Bagian dari ) : Magnoliophyta
Super Divisi : Spermatophyta
Subkingdom : Trachebionta
Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Morfologi Tumbuhan atau Tanaman Bawang Bombay

Sedangkan Morfologi flora atau tumbuhan bawang bombay, Morfologi bawang bombay dari daun,batang,dan akar umbi bawang bombay ialah sebagai berikut :

Morfologi Akar Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan terna yang tumbuh dengan tegak diatas akarnya yang berserabut.

Secara sistem akar dari umbi bawang bombay tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu dalam tancapannya di dalam tanah. Kira-kira akar umbi bawang bombay tertancap dalam tanah sekitar 10 cm.

Morfologi Daun Bawang Bombay
Bentuk daun dari bawang bombay menyerupai pipa yang agak pipih atau setengah membulat yang berwarna hijau tua. jadi daun bawang bombay ini serupa dengan daun yang dimiliki tumbuhan bawang merah. Namun,ukuran dari daun bawang bombay lebih besar dari daun bawang merah dan apabila dipotong melintang, maka daun bawang bombay terlihat penampang yang membentuk setengan lingkaran. Sedangkan pada daun bawang merah jikalau diperlakukan sama menyerupai itu akan berbentuk lingkaran penuh.

Morfologi Batang Bawang Bombay
Batang semunya merupakan pelepah daun yang saling membungkus. pelepah daun yang terletak di senelah luar selalu melingkari daan membungkus pelepah daun yang di dalamnya sehingga potongan melintangnya terlihat berlapis-lapis membentuk cincin-cincin. kemudian akan membentuk batang semu yang tidak terlalu panjang. kemudian, bab pangkal pelepah daun melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang fungsinya sebagai cadangan makanan bagi tumbuhan bawang bombay. bengkakan ini merupakan umbi itu sendiri.

Morfologi Umbi Bawang Bombay
Sebagaimana bawang merah,umbi bawang bombay merupakan umbi lapis dengan lapis yang tebal. lebih tebal dari lapis-lapis yang dimiliki umbi bawang merah.

Bentuknya juga bermacam-macam,mulai dari yang bulat,bulat panjang, lingkaran pipih, pipih hingga lonjong. Warna dari bawang bombay ada yang merah, merah kekuningan dan ada juga yang berwarna putih.
Klasifikasi Bawang Bombay dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay Klasifikasi dan Morfologi Bawang Bombay
umbi bawang bombay merah putih kuning
Ukuran umbi dari bawang bombay cukup besar dibanding dengan bawang merah dan bawang-bawang lainnnya. Disamping ukurannya yang besar, aroma amis dari umbi bawang bombay lebih lembut dan kurang tajam dibanding umbi bawang merah.

Bagian pangkal dari umbi bawang merah terdapat sebuah batang rudimenter yang nampak menyerupai cakram. bab ini merupakan batang yang sesungguhnya dari bawang bombay ini. yakni, kelopak daun yang membentuk tumbuh pada sebuah batang berbentuk cakram yang relatif tipis.

Morfologi Bunga Bawang Bombay

Pada tamat masa pertumbuhannya, dari cakram ini tumbuh bunga yang bertangkai panjang, bunganya berupa bunga beragam berbentuk lingkaran lingkaran dengan dengan tangkai bunga yang besar, besar lengan berkuasa dan juga membesar dibawah. ini perbedaannya dengan tangkai bunga bawang merah yang kecil dan langsing namun kuat. 

Pembungaan bawang bombay ini sama menyerupai pembungaan yang terjadi pada pada bawang merah, Pada ujung tangkai bunga kadang kala terbentuk umbi-umbi kecil yang sanggup di gunakan sebagai bibit, Bunga bawang bombay sanggup juga membentuk biji yang cukup banyak dengan warna hitam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar