--> Skip to main content

Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik

Cara Pemupukan TimunBawangbawangan.com - Sebagai sayuran yang gampang untuk dirawat yang menyukai matahari dan air. Tanaman mentimun sanggup tumbuh dengan cepat selama masih mendapat air yang teratur.

Pertumbuhan tumbuhan ini cepat dan mentimun akan berbuah lebat dengan hasil panen berlimpah kalau Anda merawatnya dengan benar.

Namun, Sayangnya TIMUN MENTIMUN termasuk tumbuhan yang rentan kalau diserang hama penyakit, oleh alasannya ialah itu perawatan yang baik menyerupai cara pemupukan timun yang sempurna merupakan langkah yang manis untuk perawatanya.


 Sebagai sayuran yang gampang untuk dirawat yang menyukai matahari dan air Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik
pupuk yang manis untuk timun


Cara Pemupukan Timun


Untuk mencegah resiko datangnya penyakit dan serangan hama, anda sanggup mencoba menggunkan pestisida dan pupuk-pupuk yang di butuhkan tumbuhan timun. Adapun pupuk yang di butuhkan

Pupuk yang di butuhkan tumbuhan timun biar tumbuhan timun yang anda tumbuhan berbuah banyak atau lebat insya alloh ialah sebagai berikut :

Urea : 1000 kilo gram per hektarnya
Kno3 : 50 kilo gram per hektarnya
Npk : 300 kilo gram per hektarnya
Kcl : 100 kilo gram per hektarnya
Sp-36 : 200 kilo gram per hektarnya
Fungisida : 4 kilo gram per hektarnya
Za : 200 kilo gram per hektarnya.
Zpt : 2,5 ml/ha,
Insektisida : 3 lt/ha,
Pupuk daun : 2,5 lt/ha,

Cara pemupukan timun dengan cara dikucurkan dikala timun sudah berumur 12 hari sesudah tanam.

Dengan takaran atau ukuran : setiap 10 liter air,  larutkan pupuk urea : za : sp-36 : dap : kno3 dengan bandingan 1 : 1 : 1 : 1 : 1/4,  atau 100 gr urea + 100 gr za + 100 gr dap + 25 gr kno3.

Cara pemupukan selanjutnya yaitu dengan sistem kering yakni dengan cara menaburkan pupuk di tengah bedengan / ditugalkan antara 4 lubang tanam.

Adapun takaran pupuk urea,yaitu : sp-36 : kcl dan npk dengan perbandingan 2 : 1/2 : 1/2 : 1 diberikan pada umur 20 hari sesudah tanam. Kemudian pupuk di tutupkan sesudah di tugalkan.
 Sebagai sayuran yang gampang untuk dirawat yang menyukai matahari dan air Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik
pupuk buah timun

Jenis Pupuk Tanaman Timun Dan Kegunaannya 


Pupuk sangkar untuk tumbuhan timun
Kita sudah tahu bahwa pupuk sangkar merupakan pupuk yang terbuat dari kotoran binatang binatang yang telah kering atau sengaja di keringkan.

Cara pemupukan timun dengan pupuk kandang

Pupuk sangkar di tuangkan ke dalam lubang tanam timun biji timun di tanamankan di sana.

Masing-masing lubang tanam di kasih 1/2 sampai 1 kg pupuk kandang, dan tunggu 5-7 hari sesudah itu bibit di tanamkan.

Manfaat dan kegunaan pupuk sangkar yaitu sanggup mendorong proses pertumbuhan tumbuhan timun dikala pertumbuhannya.

Pupuk sangkar ini juga sanggup mendorong pembesaran sel-sel timun dan juga berperan sebagai penambah asupan nutrisi bagi timun supaya unsur haranya tidak berkurang.

Pupuk Cair Organik Untuk Timun

Pupuk cair untuk timun ini sebenarnya sanggup di bikin sendiri dan cukup gampang menciptakan pupuk organik cair ini. Pupuk cair ini mempunyai kegunaan sebagai pelebat buah timun atau pupuk untuk melebatkan buah timun.

Cara pupuk cair untuk timun ini yaitu : menyediakan kotoran sapi dan air secukupnya serta mencampurnya dengan substrat tumbuhan atau flora semisal jerami padi,pohon batang pisang kemudian memfermentasikan untuk beberapa hari.

Cara pemupukan timun dengan pupuk organik cair :

Tuangkan pupuk cair timun ini ke dalam semprotan,lalu menyemprotkannya pada tumbuhan timun mulai dari ujung daun sampai pada pecahan batangnya dan juga akarnya.

Penyemrotan dengan pupuk cair organik ini sebaiknya di berikan pada waktu sore hari dengan takaran tiga liter untuk tiap 1 x 1 meternya.
 Sebagai sayuran yang gampang untuk dirawat yang menyukai matahari dan air Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik

Pupuk Urea Untuk Mentimun


Pada dikala mentimun berusia 20 harian, mentimunsangan membutuhkan nitrogen yang tidak mengecewakan banyak. Oleh alasannya ialah itu pupuk urea untuk mentimun sangatlah di perlukan. Mengingat urea mengandung banyak nitrogen dan juga perangsang pertumbuhan zat hijau daun tanaman.

Disamping itu, pupuk urea untuk mentimun bermanfaat sebagai pendorong tumbuhnya pecahan batang pohon tumbuhan mentimun.

Cara pemupukan dengan pupuk urea untuk mentimun ialah dengan cara menaburkan pupuk urea di sekitar wilayah tumbuhan mentimun.

Namun perlu di perhatikan, bahwa memperlihatkan pupuk kimiawia atau pupuk an-organik pada tumbuhan dengan takaran yang tidak di rekomendasikan justru mengakibatkan problem gres pada media tanah yang di tananami, atau bahkan merusak tumbuhan itu sendiri.

Adapun takaran yang di anjurkan dari pupuk urea untuk tumbuhan mentimun ialah sekitar 75 kilo gram per hektarnya.

Tags : cara pemupukan timun , pupuk urea untuk mentimun, pupuk cair untuk timun, pemupukan timun sistem kocor, pupuk yang manis untuk timun, pupuk untuk melebatkan buah timun, pupuk pelebat buah timun

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar