--> Skip to main content

Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya

Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya
Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya

Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui ihwal protista sehingga banyak yang mencari pengertian protista. 

Dengan demikian, pengertian protista yaitu sejenis organisme yang mempunyai struktur dengan bentuk sel eukariotik, multiseluler san uniseluler. Protista juga tidak mempunyai jaringan yang sebenarnya. Bahkan setiap anggota protista mempunyai cara hidup dan bentuk morfologi yang berbeda antara satu dengan lainnya. 


Pada beberapa jenis, protista juga mirip dengan sifat jamur, tumbuhan dan binatang lainnya. Selain pengertian protista tersebut, penjabaran lima kingdom yang disusun Whittaker menyebutkan protista dibahas secara terpisah sebagai kingdom sendiri. 

Contohnya, protista mirip dengan hewan. Maka meliputi dalam kelompok protozoa yang sebelumnya telah digolongkan dalam kingdom Animalia khususnya dalam kelompok binatang tidak bertulang atau intervertebrata yang masih satu filum. 

Selain itu, protista juga mirip dengan jamur dan tumbuhan. Jika mirip dengan tumbuhan contohnya ganggang atau adaer, sedangkan protista yang mirip jamur yaitu Oomycota yang sebelumnya elah dikelompokkan dalam kingdom Plantae.

Selain klarifikasi dari pengertian protista, beberapa ciri-ciri protista yaitu:

Terdapat tidak ciri-ciri protista, diantaranya yaitu protista ibarat hewan, protista ibarat tumbuhan dan protista ibarat hewan. Penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Protista Menyerupai Jamur
Pengertian protista ibarat jamur yaitu jamur protista dan perdator yang sanggup menghasilkan spora. Sedangkan jamur benalu yaitu jamur air pengurai bersel satu atau uniseluer yang hidup pada perairan. 

Sementara itu, jemur fagosif atau predator yakni jamur lendir yang hidup mirip mirip dengan Amoeba. Dimana sel-sel jamur lendir ini yaitu sekumpulan sel-sel yang imigrasi secara bersama dengan membentuk struktur mirip dengan Spora.

Sedangkan sebagai pengurai, jamur akan mengeluarkan enzim, yang sanggup dipakai untuk merombak dan mencegah senyawa organis yang telah dihasilkan oleh organisme lain yang selanjutnya jamur akan menyerap produk dari hasil rombakan tersebut.

Protista ibarat hewan

Disebut sebagai protista ibarat hewan, lantaran jenis protista ini mempunyai sifat uniseluler dan heterotrofik, serta merupakan awal dari binatang yang lebih kompleks. Sehingga protista ibarat binatang ini sering dikenal dengan istilah Protozoa.

Selain pengertian protista tersebut, beberapa ciri-ciri badan protozoa ini yaitu:
- Memiliki ukuran sekitar 10 sampai 200 mikon dengan banyak sel yang bervariasi, serta ada ya berubah dan ada yang tetap. Protozoa juga mempunyai alat gerak yang berupa pseudopodia, flagelum dan silia.

- Sel protozoa biasanya terdiri atas sitoplasam, vakuola, membran sel serta inti sel. Dimana membran sel berperan sebagai pelindung dan pengatur pertukaran gas serta makanan.

- Memiliki cara hidup secara heterotrof dengan memangsa jenis organisme, basil dan jenis protista lainnya. Dengan memangsa bakteri, maka protozoa berperan sebagai pengontrol jumlah basil pada alam.

- Umumya hidup secara berkoloni dan soliter dengan habitat yang beragam. Ada yang hidup di air tawar dan laut. sedangkan protozoa yang hidup pada badan insan dan badan binatang hidup dengan cara bersimbiosis.




Protista Menyerupai Tumbuhan

Pengertian protista ibarat tumbuhan yakni jenis protista atau gangga yang pernah digunakan dalam istilah untuk menyebutkan banyak sekali jenis tumbuhan air yang sederhana. Sehingga jenis protista ini disebut juga degan ganggang.

Selain pengertian protista ibarat tumbuhan tersebut, ciri-ciri badan jenis protista ini yaitu:

- Jenis protista ini mempunyai ukuran yang beraneka ragam, namun tidak sanggup dilihat oleh mata dan hanya sanggup dilihat dengan pinjaman mikroskop. Umumnya, ukuran gangga mikrospik yaitu 25 cm, contohnya Navicula.

- Ganggang atau protista ibarat tumbuhan yaitu mempunyai struktur dengan jenis sel multiseluler yang terdiri atas sel inti yang diselubungi oleh membran sel. Ganggang ini juga mempunyai sel jenis kloroplas.

Dengan beberapa ciri serta pengertian protista tersebut tentunya sanggup menambah pengetahuan Anda bukan? 

Nah itu lah artikel mengenai informasi ihwal Pengertian Protista Beserta Ciri Cirinya , agar sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar