--> Skip to main content

Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya

Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya
Gambar Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya

Pengertian trombosit ialah sel darah yang mempunyai fungsi sebagai proses pembekuan darah. Selain mempunyai nama trombosit, jenis sel darah ini juga mempunyai nama lain ialah platelet. Keberadaan sell darah ini sangat penting dalam tubuh, lantaran dikala terjadi luka di kulit maka akan menyembuhkan luka.

Secara normal, di dalam badan insan terdapat 150.000 sampai 400.000 trombosit per mikro liter darah. Sehingga jenis seseorang mempunyai trombosit dengan jumlah kurang dari 15000 maka disebut dengan trombositopenia, sedangkan jikalau lebih dari 400.000 maka disebut dengan trombositosis.

Sedangkan masa hidup trombosit  hanya berlangsung selama 5 sampai 9 hari pada darah. Hal tersebut lantaran trombosit yang telah rusak dan bau tanah akan dihilangkan dalam pedoman darah melalui organ lima yang selanjutnya akan digantikan dengan trombosit yang baru.

Selain pengertian trombosit yang perlu Anda ketahui, tentunya Anda juga harus mengetahui fungsi trombosit dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari trombosit ini ialah untuk pembekuan darah. 

Dengan demikian maka, dikala pembuluh darah bocor atau luka, maka secara eksklusif badan sanggup melaksanakan penghentian darah dengan 3 mekanisme, diantaranya yaitu:

- Aktivitas trombosit
- Menjalankan pengkerutan atau kontruksi di serpihan pembuluh darah yang bocor atau terluka
- Melakukan acara komponen pembekuan darah dengan lainnya dalam plasma darah

Dengan demikian maka, setiap perubahan yang terjadi dalam badan maka akan terdeteksi, sehingga jikalau terjadi pendarahan maka akan terdeteksi dengan  baik. Dimana reaksi pertama yang akan dilakukan ialah dengan mengerutkan pembuluh darah yang luka semoga darah keluar dengan sedikit, serta lubang kebocoran akan mengecil.

Selain pengertian trombosit yang telah dijelaskan diatas, trombosit juga sanggup memperlihatkan sinyal kepada trombosit lainnya dengan faktor pembekuan darah supaya bisa menjuju ke arah cedera semoga bisa menutup luka.

Selain pengertian trombosit serta fungsinya, kemudian bagaimana proses kerja trombosit yang sebenarnya?

Diantaranya yaitu:

- Adhesi trombosit

pengertian adhesi trombosit ialah pelekatan antara jaringan endotel dengan trombosit serta jaringan yang mengalami cedera. Dengan begitu maka akan menutup luka dalam pembuluh darah dengan baik. 

Dimana proses pelekatan yang menyebabkan interaksi antara jaringan cedera dengan permukaan trombosit akan meningkatkan daya lekat serta sanggup memanggil faktor koagulasi.

- Agresi trombosit

pengertian trombosit jenis ini ialah kemampuan trombosit yang sanggup menempel antara satu dengan lainnya semoga terjadi sumbatan. 

Dengan melekatnya trombosit ini maka cedera dikala proses adhesi bisa menyebabkan trombosit bisa menempel di dalamnya, sehinga luka akan tertutup oleh sumbatan.

- Pembebasan trombosit

Pembebasan trombosit merupakan suatu reaksi yang dilakukan untuk membantu koagulasi atau sumbatan trombosit yang stabil.  Dan proses ini juga di picu oleh pelepasan isi granula trombosit. Seperti kolagen, ADP, apinefrin serta lainnya.



- Fusi trombosit

Fusi trombosit yakni suatu reaksi adonan dari trombosit yang mempunyai sifat irreversibel. Dimana proses ini dipicu dengan tingginya reaksi pelepasan. Dimana komposisi fibrin sanggup memperkuat jaringan bati yang telah terbentuk oleh jaringan luka.

Sedangkan struktur trombosit ialah umumnya trombosit mempunyai ukuran sekitar 1 sampai 4 mikron, dimana dengan bentuk selnya menyerupai piringan serta tidak mempunyai inti sel. Namun meski tak mempunyai inti sel, trombosit masih bisa menjalankan sintesa protein. 

Sebab mempunyai kandungan RNA dalam sitoplasama, dimana diameter selnya mempunyai ukuran 2 sampai 3 mikro.

Selain itu, trombosit juga mempunyai membran dengan 3 lapis atau trilaminar serta sistem membran yang mempunyai ruang atau kanakulit.



Nah itu lah artikel mengenai isu perihal Pengertian Trombosit Serta Struktur Dan Fungsinya , semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar