--> Skip to main content

Cara Menciptakan Bonsai Pohon Pepaya Berbuah Lebat Dan Perawatannya

Cara Menanam Biji Pepaya Menjadi Bonsai Pedek Berbuah Lebat Dan Cara Merawatnya,BawangBawangan.Com - Buah pepaya tidaklah merupakan buah yang langka, alasannya semenjak dahulu kala masyarakat dunia terutama warga penduduk indonesia sudah sangat bersahabat dengan yang namanya buah pepaya. Bahkan buah ini tidak hanya dijadikan sebagai sajian buah-buahan di ruang tamu. Namun buah pepaya yang masih muda juga kerab dijadikan sebagai sayuran oseng-osengan.
Buah pepaya mempunyai bentuk yang lingkaran dan lonjong serta berwarna hijau kekuningan.
Cara Menanam Biji Pepaya Menjadi Bonsai Pedek Berbuah Lebat Dan Cara Merawatnya Cara Membuat Bonsai Pohon Pepaya Berbuah lebat dan Perawatannya
Bonsai Pohon Pepaya
Buah pepaya gampang sekali di temukan di pasar-pasar indonesia, sedangkan tumbuhan pohon buah pepaya, kita biasa menemukannya di pekarangan-pekarangan desa maupun kota dalam sekala kecil maupun besar. Sebab tumbuhan buah pepaya ini gampang sekali tumbuh dan berbuah di tanah indonesia.

Sehingga, kita pun sanggup menanam pepaya sendiri di pekarangan rumah kita, dengan cara menaburkan biji-biji buah pepaya ataupun dengan cara mencangkok pepaya dan menciptakan buah pepaya menjadi bonsai dalam pot yang unik dan menarik serta sanggup berbuah lebat dan buahnya pun tidak kalah dengan buah pepaya yang di tanam secara biasa .


Cara Pemangkasan Pohon Pepaya Menjadi Pohon Bonsai

Pemangkasan pohon pepaya menjadi bonsai pada pada dasarnya yakni pada tahap pemangkasan pucuk pohon pepaya.
Pemangkasan pohon pepaya menjadi bonsai tidak saja berfungsi sebagai peremajaan pada tumbuhan pohon pepaya, akan tetapi juga sanggup meningkakan hasil panen buah pepaya.

Teknik Memangkas Pohon Pepaya Menjadi Bonsai Pepaya
Teknik cara pemangkasan pohon pepaya menjadi pohon bonsai sanggup di bilang mudah, alasannya kita hanya perlu memangkas pohon tumbuhan pepaya pada waktu yang tepat.
Pepaya sanggup di buat secara bonsai semenjak awal penanaman bibit tumbuhan pepaya.

Menanam Bibit Tanaman Pohon Pepaya

Bibit tumbuhan pohon pepaya sebaiknya ditanam dengan rapat kira-kira berjarak 1,5 meter x 1,5 meter. Setelah pohon pepaya berumur 4-5 bulan semenjak penanaman,biasanya tumbuhan pohon pepaya sudah serentak berbunga.
Pilih tumbuhan pohon pepaya yang mempunyi bunga yang sempurna, yaitu pada satu bunga pepaya mempunyai benang sari dan putik.
Pembuangan dari tumbuhan yang mempunyi bunga yang tepat dilakukan sambil mengatur baris pepaya berjarak menjadi 3 meter x 3 meter.
Setelah batang pohon pepaya dirasa sudah berpengaruh dan tumbuh dengan sehat, kemudian batang pohon pepaya dipangkas setinggi 1 meter.
Bekas pangkasan dari pepaya tersebut hendaknya ditutupi kantong plastik supaya tumbuhan tidak menjadi busuk.
Kemudian sehabis itu, tumbuhan pepaya di kasih pupuk sangkar sekitar 10 kg per pohonnya, dan pupuk npk 15-15-15 sekitar 50 gram per pohonnya, kemudian lakukan penyiraman pada tumbuhan pohon pepaya yang telah dipangkas atau dijangkok, terutama sekali disaat hujan tidak kunjung turun.
Penyiraman air ini bertujuan supaya peresapan unsur hara menciptakan tumbuh tunas-tunas gres pada tumbuhan buah pepaya. Sebenarnya, pemangkasan pada ujung batang pohon pepaya dalam waktu yang tepar sanggup sebagai penceggah tumbuh memanjangnya pohon pepaya ke atas.
Setelah 2-4 ahad dari pemangkasan, tunas-tunas pohon pepaya akan tumbuh kembali di bawah bekas pemangkasan sejumlah 2 sampai 4 tunas baru, tunas-tunas gres tersebut dibiarkan tumbuh membesar secara sehat.
Dengan cara tersebut tumbuhan pohon pepaya akan tumbuh berperawak pendek, bercabang, dan berbunga dengan sempurna.
Setelah tunas samping tumbuh, tutup berupa kantong plastik hendaknya segera dibuka. Jika tidak dibuka maka pertumbuhan tunas samping akan menjadi terganggu, bahkan akan jadi keriting.

Cara Merawat Bonsai Pohon Pepaya Agar Cepat Berbuah

Cara merawat bonsai tumbuhan pohon pepaya tergolong sangat mudah, yakni
Rutin lakukan pemupukan npk setiap 3 bulan dan penyiraman yang cukup.
Berilah pupuk NPK. bonsai pohon pepaya secara rutin dalam 3 bulan sekali.
Berilah siraman air yang mencukupi untuk bonsai pohon pepaya.

Cara Merawat Bonsai Pohon Pepaya Pasca Berbuah Lebat
Setelah tumbuhan bonsai pohon pepaya sudah mau berbuah, Berikan pupuk npk 15-15-15 padanya dengan ukuran 50-100 gram dengan rentang waktu 6 bulan sekali.
Atau pupuk pepaya bonsai di berikan ketika menjelang ekspresi dominan kemarau dan menjelang ekspresi dominan
Penghujan, atau sanggup juga ketika bonsai pohon pepaya dalam musiam berbunga dan sehabis memanen buah pepaya.
Apabila tumbuhan pohon pepaya dirasa mulai menurun dalam berbuah. maka coba lakukan pemangkasan kembali pada pohon pepaya kira-kira 50 cm dari atas dasar cabang pohon pepaya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar