--> Skip to main content

Jenis-Jenis Jagung Dan Gambarnya Lengkap

Jenis-Jenis Jagung, Bawangbawangan.Com - Pada dasarnya jagung bisa dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu Jenis jagung Menurut umurnya dan jenis jagung berdasarkan warnanya. Jika jenis jagung berdasarkan umurnya yaitu jagung berumur panjang atau berumur 4 atau 5 bulan. Jagung berumur pendek atau genjah yaitu sekitar umur 3 bulan.

Sedangkan bila jenis jagung berdasarkan warnanya, maka warna jagung ada yang kuning, jagung kuning ini biasa dimanfaatkan sebagai makanan ternak dan yang bisa menjadikan unggas ayam, angsa cepat bertelur, alasannya yakni jagung warna kuning ini terbilang banyak mengandung vitamin dan protein.

Selanjutnya jenis jagung warna putih. Jenis jagung warna putih ini banyak mengandung zat tepung,sedikit protein dan vitaminnya. jagung warna putih ini umumnya dikonsumsi atau dimakan manusia.[ Baca Juga : Klasifikasi Morfologi Tanaman Jagung ]

Jenis-Jenis Jagung yang di Budidayakan 

Untuk kini ini jenis-jenis jagung yang terkenal dibudidayakan antara lain :

1. Jenis Jagung Gigi Kuda 
Gambar Jenis Jagung Gigi Kuda Source Image : eight-grade-syndrome.blogspot.co.id 
Jagung gigi kuda mempunyai ciri-ciri : biji-bijinya besar, tanamannya tegap, batang tinggi atau panjang, dan setiap batang hanya ada satu atau dua tongkol, warna bijinya ada yang putih,ada yang kuning dan ada pula warna lainnya. biji-bijinya berbentuk ibarat biji dan bersudut,umur tumbuhan tergolong panjang, jenis jagung ini dipakai untuk keperluan makanan ternak.

2. Jenis Jagung Mutiara
Ciri-ciri Jagung Mutiara :
 Pada dasarnya jagung bisa dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu Jenis jagung Menurut um Jenis-Jenis Jagung dan Gambarnya Lengkap
Gambar Jagung Mutiara
-Jagung mutiara umumnya dipakai untuk makanan ayam dan juga dikonsumsi manusia
-Umur jagung mutiara bervariasi ada yang pindah ada juga yang umurnya panjang
-Jenis jagung mutiara tidak berkerut
-Warna biji jagung mutiara putih ada pula yang kuning dan ada juga yang merah.
-Bentuk biji jagung mutiara agak bulat, namun lebih kecil dibandingkan jagung gigi kuda.

3. Jenis Jagung Tepung
Ciri-ciri jagung tepung antara lain :
 Pada dasarnya jagung bisa dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu Jenis jagung Menurut um Jenis-Jenis Jagung dan Gambarnya Lengkap
Gambar Jagung Tepung
-Jika kena panas bijinya gampang pecah
-Biji jagung bersifat lunak
-Barisan tiap jengkal berkisar 8 hingga 12 hari 14 panjang tongkol jagung antara 25 hingga 30 cm 5 biji jagung tepung banyak mengandung zat tepung.

4. Jagung Manis
Ciri-ciri jenis jagung manis, yaitu :
 Pada dasarnya jagung bisa dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu Jenis jagung Menurut um Jenis-Jenis Jagung dan Gambarnya Lengkap
Gambar Jagung manis
-Jagung bagus rasanya bagus apalagi bila masih muda.
-Biji jagung bagus yang masih muda bercahaya,warnanya jernih, biji biji jagung bagus yang telah masak    berkerut atau keriput .
-Kandungan zat gula , lemak dan protein nya cukup tinggi.
-Rambut jagung bagus berwarna putih 5 umur jagung bagus umumnya sekitar 60 hingga 70 hari

5. Jenis Jagung Berondong (Pop Corn)
Ciri-ciri jagung brondong,yaitu :
 Pada dasarnya jagung bisa dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu Jenis jagung Menurut um Jenis-Jenis Jagung dan Gambarnya Lengkap
Gambar Jagung Brondong
- Bijinya keras dan kecil
- Jika dipanaskan mengembang
- Biji-bijinya banyak mengandung zat Pati
- Warna jagung putih atau kuning
- Bentuk bijinya agak meruncing pipih dan bulat
- Ukuran tongkolnya kecil-kecil .

Selain jagung di atas juga ada jenis jagung yang diusahakan . Jenis jagung-jagung ini mempunyai kemampuan produksi yang tinggi . Contohnya Jagung bibit unggul IPB-4, Hibrida Pioneer 1 dan 2, Hhibrida C-1 Hibrida Charoen Pokan Indonesia 1 atau CPI-1, Jagung bagus sweet cornn, jagung Hawai dan Jagung bagus Prima lokal .

Keunggulan Jenis Jagung Hibrida

Adapun keunggulan dari pada jagung bibit unggul yaitu jumlah produksinya Tinggi, tahan terhadap hama dan penyakit.

Sedangkan kelemahan dari pada Jagung bibit unggul antara lain yakni :
Tidak bisa untuk ditanam kembali atau benihnya hanya bisa disebar Satu Kali Saja, selain itu harga benih jagung bibit unggul tergolong mahal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar