--> Skip to main content

Cara Merawat Tanaman Cabai Biar Cepat Berbuah

Cara merawat pohon cabai biar cepat berbuah, Pada postingan sebelumnya ademin telah menguraikan pembahasan ihwal Cara Menanam Cabe yang Baik dan Benar Bagi Pemula dan Cara Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat. Jadi, pembahasan ini merupakan kelanjutan dari goresan pena sebelumnya yang masih seputar dengan cara menanam cabai dan merawat cabai biar sehat dan berbuah lebat.

Cara merawat cabai biar cepat berbuah lebat.Cara untuk menciptakan tumbuhan cabai yang kita tanam cepat berbuah lebat ini tidak berbeda dengan teknik menaman cabai yang biasa di kerjakan. teknik ini bisa diterapkan ketika kita menanam cabai di halaman rumah,atau menanam cabai di dalam pot/polybag atau malahan juga ketika kita menanam cabai secara hidroponik.

Dari ketiga teknik di atas tentunya ada perjuangan khusus yang harus dilakukan pada tumbuhan cabai kita, mulai dari jenis teknik cara menanam dan media tumbuhan cabe. jadi, sebetulnya teknik-teknik penanam cabai di atas biar bisa cepat berbuah lebat tentunya mempunyai cara tersendiri dari setiap masing-masing dari teknik penanam cabai diatas.
Cara merawat pohon cabai biar cepat berbuah Cara Merawat Tanaman Cabe biar Cepat Berbuah
cara merawat pohon cabai biar cepat berbuah
Disini tidak akan menguaraikan secara detail cara merawat cabai dari setiap teknik penanaman ibarat cara merawat tumbuhan cabai hidroponik biar cepat berbuah,cara merawat tumbuhan cabai di dalam pot biar cepat berbuah,cara merawat tumbuhan cabai di halaman rumah biar cepat berbuah. Namun,disini ademin hanya akan membahas cara menanam dan merawat cabai biar cepat berbuah lebat secara umum, tapi sanggup di aplikasikan pada semua jenis tumbuhan cabai dan juga dari semua teknik dan kondisi tumbuhan cabe.

Cara Merawat Pohon Cabe biar Cepat Berbuah Lebat


Untuk menghasilkan hasil buah dari tumbuhan cabe, baik cabai yang ditanam di dalam pot/polybag di pekarangan rumah maupun yang di budidayakan dalam skala besar di kebun maupun di sawah, pada prinsipnya secara umum bisa mengikuti cara-cara berikut ini apabila ingin tumbuhan cabai sanggup cepat berbuah lebat.

Ada tiga poin penting yang perlu di pahami dan dilakuan biar tumbuhan cabai yang kita tanam bisa cepat berbuah lebat, iaitu :
  • Menyediakan Air dan memberi Nutrisi pada tumbuhan cabai yang baik dan benar.
  • Perawatan yang baik dan benar pada tumbuhan Cabe biar cepat berbuah.
  • Mengatasi Hama dan Penyakit pada tumbuhan Cabe biar tetap sehat dan bisa berbuah normal.
1. Asupan air dan Nutrisi untuk tumbuhan cabai yang baik dan benar.

Dalam budidaya cabai terkadang banyak pembudidaya atau petani cabai yang ketika melihat tumbuhan cabenya nampak normal, tumbuh subur bahkan bunga-bunga dan pentil cabai mulai menonjolkan diri, para pembudidaya merasa sudah merdeka dan sudah menganggap pekerjaannya selesai. Padahal bagi pembudidaya yang mengetahuinya sebetulnya itu dianggap salah. Sebab dikala tumbuhan cabai sudah mulai mekar bunga-bunganya dan mulai berbuah, maka para petani cabai di tuntut untuk lebih fokus,disiplin dan serius dalam menyediakan asupan air dan nutrisi yang diharapkan oleh tumbuhan cabai untuk sanggup bisa cepat berbuah lebat. 

Sebab permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada tumbuhan cabai ibarat rontoknya bunga-bunga cabe,pentil-pentil banyak yang jatuh,cabang-cabang tumbuhan cabai menjadi layu penyebab utamanya ialah lantaran Asupan air dan Nutrisi yang diharapkan cabai tidak terpenuhi. Begitu juga asupan nutrisi pada tumbuhan cabai yang sedang mulai mau berbuah.

Dalam memenuhi asupan nutrisi yang diharapkan tumbuhan cabai ini kita sebaiknya memakai pupuk organik saja ibarat halnya pupuk kompos dari dedaunan.

2. Cara Perawatan tumbuhan cabai biar cepat berbuah lebat

Cara merawat tumbuhan cabai yang baik dan benar biar bisa berbuah lebat, ialah sebagai berikut ini :
- Memotongi cabang-cabang tumbuhan yang sudah layu dan mati.
- Memangkasi dan membersihkan tumbuhan cabai dari dedaunan kering atau mati yang biasanya terletak di dalam pangkal batang
- Memangkasi tunas-tunas susulannya.
Hal ini dilakukan lantaran tujuan penanaman cabai bukanlah hanya untuk membentuk tumbuhan cabai nampak berdaun rimbun atau nampak menyenangakan ibarat tumbuhan hias. Tetapi tujuan utama dari menanam cabai tak lain biar supaya cabai berbuah lebat dan banyak.
- Membuat dan memberi penyangga untuk membantu tumbuhan cabai tetap sanggup bangun dengan tegak sebagai penjagaan dari akar cabai yang sudah tidak lagi atau ketika buahnya sudah nampak menjadi beban bagi batang dan cabang-cabang tumbuhan cabe.

3. Membasmi Gulma, Hama dan Penyakit pada tumbuhan Cabe

Tanaman pengganggu disebut sebagai gulma, gulma ialah tumbuhan liar ibarat rumput di sekitar tumbuhan cabai yang ikut juga menyerap asupan nutrisi dan zat unsur hara tanah yang di berikan pada tumbuhan cabe. jadi keberadaan gulma tentunya sangat mengganggu bagi pertumbuhan dan pembuahan tumbuhan cabe.

Cara mengatasi gulma ini setidaknya ada dua teknik yang kerap dilakukan oleh para petani/pembudidaya cabe.

1. Membasmi dengan cara menyemproti gulma dengan pestisida kimia atau
2. Menyiangi gulma atau rumput liar dengan cara mencabutnya dengan tangan.

Dari kedua teknik diatas banyak orang yang memakai cara yang pertama, yakni menyingkirkan dan membunuh gulma dengan menyemproti memakai pestisida, hal ini lantaran dirasa lebih cepat. Namun, sebetulnya cara yang kedua yakni Menyiangi gulma atau rumput liar secara manual dengan cara mencabutnya dengan tangan lebih kondusif dan lebih menguntungkan bagi tanaman. lantaran dengan mencabut rumput-rumput liar di sekitar tumbuhan cabai akan mengakibatkan tanah berpori-pori sehingga nutrisi dari luar tanah gampang sekali diserap oleh akar tumbuhan cabe. Disamping itu tanah tidak menjadi rusak akhir zat kimia pestisida. Dan juga tidak semua gulma yang meurugikan pertumbuhan tumbuhan cabe.

Bahkan ada jenis gulma tumbuhan yang bermanfaat / bisa untuk mengendalikan hama secara hayati di sekitar area tumbuhan cabe. maka sebaiknya lakukan pencabutan dan pencucian gulma yang ada disekitar akar dan tumbuhan cabe.

Apabila dari ketiga cara di atas diapalikasikan dengan baik dan benar. insya Alloh hasil dari panen cabai akan bisa memperoleh hasil yang lebih optimal dari pada sebelum menerapkan 3 cara merawat tumbuhan cabai biar berbuah lebat ini.

Namun, terkadang ada yang merasa menjalakan metode yang yang digunakan sama tapi alhasil berbeda. Oleh lantaran trial dan error dalam sebuah perjuangan perlu di jalankan secara berulang sampai menghasilkan kecocokan pada kedaan yang memuaskan. ( Baca juga : Cara Menanam Cabe PEMULA )

Sekian artikel kami berkenaan dengan Cara Merawat Pohon Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat. Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca goresan pena ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar