--> Skip to main content

Cara Menyemai Biji Pepaya Biar Cepat Tumbuh

BawangBawangan.Com Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh - Pepaya ialah tumbuhan pohon yang berumur pendek dan mengelurkan buah yang manis empuk dan segar jikalau sudah matang. Di tanah Indoensia tumbuhan pepaya tergolong jenis tumbuhan yang gampang tumbuh untuk aneka macam jenis pohon pepaya, baik itu jenis pepaya orisinil indonesia maupun pepaya asal luar negeri ibarat pepaya california, calina, bangkok, thailand dan pepaya unggul lainnya.

Dalam Budidaya pohon pepaya sanggup di usahakan dengan dua cara, yaitu dengan cara generatif dan dengan cara menyemai biji pepaya.

Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh

Langkah-Langkah Cara Menyemai Biji Pepaya, Mula-mula pilih terlebih dahulu biji pepaya yang elok untuk disemaikan sebagai benih.

Benih pepaya yang baik sanggup di dapatkan dari buah pepaya yang berbentuk lingkaran panjang, sudah masak, dan dipetik dari pohon induk yang berumur minimal dua tahun.

Untuk mengetahui buah pepaya itu sudah masak tentu dengan melihat warna kulit buah pepaya yang sudah menguning secara merata.

Langkah Langkah Pembibitan Buah Pepaya
Adapun cara menciptakan benih tumbuhan pepaya yaitu buah pohon pepaya yang sudah masak dan di pilih untuk dijadikan benih di potong pangkalnya seperempat bagian, kemudian di ambil bijinya.

Langkah selanjutnya biji-biji tersebut di basuh hingga higienis dan di jemur hingga kering.
Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh Cara Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh
Bibit pepaya via http://pusatbibitpepayacalifornia.blogspot.co.id

Cara Praktis Menyemai Biji Pepaya Agar Cepat Tumbuh

Cara menyemai biji-biji pepaya tergolong sangat mudah.
Caranya yang pertama yaitu : Siapkan media tanam berupa adonan tanah, pasir dan juga pupuk sangkar secukupnya, yakni dengan perbandingan tanah :1, pasir :1, dan pupuk sangkar ;1. kemudian semuanya di campur jadi satu secara merata.

Langkah selanjutnya masukkan media yang telah di buat sebagaimana di atas di dalam wadah ibarat baskom,ember atau polybag.

Cara semoga benih pepaya yang di semai cepat tumbuh, maka lakukanlah perendaman pada benih dalam air hangat sekitar kurang lebih 30 menitan.

Dan semoga pertumbuhan benih mendapat hasil yang lebih baik,usahakan untuk merawatnya dengan baik. Khususnya yaitu dengan penyiraman secara teratur. Namun, usahakan jangan hingga media tanah yang di buat untuk menanamnya menjadi becek.

Sebab tumbuhan pepaya juga membutuhkan air, namun juga tidak tahan dengan air yang berlebihan berbeda dengan tumbuhan kangkung yang suka karam dalam air.

Jika bibit tumbuhan pohon pepaya berada dalam tanah yang terlalu becek, biasanya bibit tumbuhan pepaya tidak usang akan mati membusuk.

Langkah selanjuntnya, sesudah bibit pepaya tumbuh dengan baik hingga tingginya sekitar 10 cm dengan daun-daun yang menjulur 5-8 helai daun. Maka bibit-bibit yang telah di buat tersebut sanggup di pindahkan dan di tanam di kebun atau pekarangan yang lebih luas.

Baca : Ciri-Ciri : Inilah Bibit Unggul Buah-Buahan Dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Bibit Pepaya Yang Bagus

Ciri-ciri bibit pepaya yang elok dan siap di tanam di kebun, pekarangan, sawah dll.
1. Bibit Pohon pepaya tumbuh sehat dan normal dengan tinggi sekitar 10 cm
2. Jumlah daun sekitar 5-8 helai daun
3. Bibit tidak penyakitan

Untuk mendapat bibit tumbuhan pohon pepaya unggul anda sanggup menentukan bibit pepaya california, calina, bangkok, thailand dan pepaya unggul lainnya di lapak-lapak penjual bibit terdekat di kawasan Anda.

Terkait : Panduan Budidaya Cengkeh Lengkap Sampai Panen
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar