--> Skip to main content

Cara Menanam Sayuran Di Botol Aqua Bekas Di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Sayuran di Botol Bekas, BawangBawangan.Com I Mendesain pekarangan rumah dengan warna hijau alami tumbuhan dan memenuhi pekarangan rumah dengan tanaman-tanaman yang kita butuhkan sebagai lauk sayur mayur ternyata tidaklah mahal dan tidak pula merepotkan.

Karena kita sanggup menanam sayuran di pekarangan rumah kita dengan media botol aqua bekas yang sudah tidak terpakai sebagai pot-pot tumbuhan sayuran.
 I Mendesain pekarangan rumah dengan warna hijau alami tumbuhan dan memenuhi pekarangan ru Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah


Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Media Tanam

Cara menanam sayuran di pot botol bekas ini, selain tergolong sangat ekonomis juga terbilang  sangat efektif lantaran memanfaatkan barang-barang yang mestinya terbuang sia-sia.

Botol bekas yang dibentuk sebagai media tumbuhan tersebut paling cocok di tanami banyak sekali macam tumbuhan sejenis sayuran.
 I Mendesain pekarangan rumah dengan warna hijau alami tumbuhan dan memenuhi pekarangan ru Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah
Yang mana dengan menanam sayuran di pekarangan rumah dalam pot botol bekas buatan sendiri ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi kita sendiri sebagai kuliner sayuran yang sangat di butuhkan oleh badan kita.

Apabila Sobat bawangbawangan.com berminat menanam sayuran di pekarangan dengan Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Media Tanam, berikut akan di jelaskan perihal tata cara menanam sayuran dalam botol bekas aqua.

Barang-barang yang di butuhkan untuk Menanam Sayuran di dalam botol bekas di pekarangan rumah :
1. Pisau atau alat-alat pemotong lainnya
2. Spidol atau sejenisnya
3. Botol aqua bekas yang setidaknya mempunyai ukuran 600 ml atau satu setengah liter,
4. Bibit tumbuhan sayuran yang hendak di budidaya dalam botol bekas.
5. Pupuk secukupnya.

Cara Menanam Sayuran Di dalam Botol Aqua Bekas

Langkah-langkah Cara Menanam Sayuran di dalam Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah


1. Silahkan Potong Botol Aqua Bekas

Jadi, Cara yang pertama yaitu potong botol aqua  bekas dalam dua bagian. Supaya hasil potongan botol bekas menjadi nampak rapi, maka manfaatkan spidol atau sejenisnya yang telah dipersiapkan tadi untuk memberi tanda pada serpihan botol yang akan dipotong,yakni serpihan tengah dari botol aqua.
 I Mendesain pekarangan rumah dengan warna hijau alami tumbuhan dan memenuhi pekarangan ru Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Tanaman Sayuran di Botol Aqua Bekas

Setelah botol aqua bekas menjadi dua serpihan maka serpihan botol yang di gunakan tentunya ialah serpihan botol yang serpihan bawahnya. Adapun serpihan atas botol hingga daerah tutup botol yang telah terpotong dibuang saja atau di manfaatkan untuk menanam secara hidroponik.

2. Masukkan Tanah beserta Pupuk dalam Botol

Langkah yang selanjutnya ialah memberi tanah pada botol yang telah dipotong tersebut.

Ada banyak jenis tanah yang sanggup di cocoki tumbuhan di tanah air kita. Adapun tanah yang di rasa paling cocok untuk bertani dan berkebun, ialah tanah-tanah yang bercirikan : Ber-PH kurang dari 7, tanah tidak berubah mengeras jikalau di tanami tumbuh-tumbuhan,berkelembaban tinggi,terkandung unsur organik yang cukup bagi hidupnya tumbuhan. Untungnya, Tanah yang bercirikan ibarat itu umumnya sanggup gampang kita temukan di area sekitar pekarang rumah.
 I Mendesain pekarangan rumah dengan warna hijau alami tumbuhan dan memenuhi pekarangan ru Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua Bekas di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Sayuran di dalam Botol Aqua Bekas
Dan memasukkan juga pupuk-pupuk yang di butuhkan tumbuhan bersama tanah ke dalam botol aqua bekas tersebut dengan cara mencampurnya. ( Baca Pula : Macam-Macam Jenis Pupuk dan Kegunaannya bagi Tanaman

3. Menanamkan Bibit Sayuran dalam Botol Aqua Bekas yang telah di siapkan

Apabila tanah dan pupuk yang di butuhkan tumbuhan sudah berada dalam wadah botol bekas. 
Maka langkah yang selanjutnya yaitu menamankan bibit sayuran ke dalam botol ibarat cara menanam pada umumnya.

4. Cara Merawat dan Menyirami Tanaman di dalam Botol Bekas

Sesudah cara-cara tersebut di atas akibat dikerjakan, maka langkah selanjutnya yaitu merawat dan menyirami tumbuhan yang di tanam dalam botol aqua bekas. 
Adapun hukum dalam menyirami tumbuhan sayuran dalam botol bekas, ialah  hendaknya tumbuhan sayuran di sirami setiap harinya pada sore dan pagi hari.

5. Mengatasi Hama dan Penyakit
Resiko menanam sayuran yang paling banyak ditemui yaitu adanya hama dan penyakit pada sayuran tersebut.  Masalah yang paling sering terjadi dan paling meresahkan bagi pembudidaya tumbuhan ialah serangan dari hama dan penyakit tanaman.  

Pada umumnya sayuran sawi dan kangkung yang cukup rentan terhadap hama dan penyakit tanaman. 

Biasanya jenis hama yang menyerang pada tumbuhan sayuran ini ialah kutu putih dan ulat. Akan tetapi, problem hama dan penyakit ini jikalau menyerang pada tumbuhan di dalam botol aqua bekas, kita masih sanggup mengatasinya secara eksklusif dengan mengambilnya dengan tangan. Tetapi, jikalau tumbuhan kita banyak atau dalam skala besar dan hama penyakit ini juga banyak. maka kita harus segera membeli obat pembasmi hama untuk memusnahkan hama dan penyakit yang menyerang.

Sayuran yang Cocok ditanamkan dalam Botol Aqua Bekas

Jadi, gotong royong tidak semua jenis sayuran sanggup kita tanam dalam botol aqua bekas, lantaran kita tahu media tanam berupa botol aqua bekas tidak sebesar polybag yang di jual di toko-toko. Selain itu, tidak semua tumbuhan isa bertahan hidup di daerah yang menim unsur haranya.

Oleh lantaran itu, semoga kita tidak salah menentukan  bibit yang akan kita tanamkan dalam media botol aqua bekas, maka sayuran-sayuran berikut ini yang di anjurkan untuk ditanamkan dalam media botol aqua bekas. 
Jenis-jenis sayuran yang sanggup ditanam di dalam botol aqua bekas,yaitu :  Sawi, Bayam, Tomat, teron-terongan, kangkung, cabe, dll.

Jenis tumbuhan sayuran tersebut, saat tumbuh membesar nantinya, maka tidak akan terlalu  memakan media tempat, selain itu umurnya juga relatif pendek.

Jadi, apabila kita ingin gonto-ganti tumbuhan dalam botol aqua bekas, maka akan relatif lebih gampang dan lebih cepat di lakukan sesuai selera kita.

Demikianlah langkah-langkah praktis dan gampang berkenaan dengan cara menanam sayuran di botol aqua bekas. Selamat Berbudidaya di Pekarang Rumah Kita dengan media botol aqua bekas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar