--> Skip to main content

Cara Budidaya Kacang Panjang Semoga Berbuah Lebat

Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Banyak, BAWANGBAWANGAN.COM Kacang panjang berbeda dengan tananaman pada umumnya, kacang panjang lebih sering dipanen polongnya secara keseluruhan menjadi sayur. jarang sekali biji kacang panjang renta dimanfaatkan untuk olahan kuliner tertentu.

Syarat tumbuh tumbuhan kacang panjang
Budidaya kacang panjang, Cara Agar Kacang Panjang sanggup tumbuh dengan baik dan supaya berbuah lebat, maka kacang panjang membutuhkan tanah yang gembur. Sebaiknya tanah masih kaya akan materi organik. jikalau tanah tidak kaya organik, maka ketika tanah diolah sanggup ditambahkan pupuk sangkar pada tanah.

Nilai PH yang cocok untuk tumbuhan kacang panjang, yaitu sekitarnya 5,5. Tanaman kacang panjang sanggup ditanam di lahan tegalan, pekarangan, perkebunan serta pekarangan halaman rumah- belakang rumah

Waktu penanaman atau budidaya kacang panjang paling cocok ditanam di awal atau simpulan isu terkini penghujan . Lahan terbuka di dataran rendah sangat disukai tumbuhan kacang panjang . Apabila ada naungan maka produksi buah tumbuhan kacang panjang kurang banyak atau lebat. Kaprikornus salah satu penentu dari cara budidaya kacang panjang supaya berbuah lebat ialah menentukan waktu yang cocok untuk budidaya kacang panjang. [ Baca Juga ; Cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah ]

Jenis atau varietas kacang panjang

Berdasarkan tipe pertumbuhan tumbuhan kacang panjang, Maka kacang panjang digolongkan menjadi dua yaitu  :  Tipe kacang panjang merambat dan kacang panjang tidak merambat.

jenis tumbuhan kacang panjang yang merambat lebih disukai para petani pembudidaya kacang panjang dari pada yang jenis kacang panjang yang tidak merambat.

Jenis Kacang Panjang yang di Sarankan untuk di budidayakan

Varietas atau jenis kacang panjang yang dianjurkan untuk dataran rendah ada dua macam, yaitu :

Varietas Kacang Panjang 1
Varietas kacang panjang yang di rekomendasikan untuk di tanam yaitu tumbuhan kacang panjang yang bercirkan : batangnya berwarna hijau muda dan bentuk persegi enam . daunnya berbentuk menyerupai delta dengan objek meruncing . daunnya berwarna hijau renta dengan permukaan berbulu halus . bunga  kacang panjang berbentuk kupu-kupu berwarna biru muda . polongnya cilik , panjangnya 40 hingga 75 cm, warnanya hijau renta rumah rasanya agak bagus dan renyah.
Tanaman dari kacang panjang yg sanggup menghasilkan 4 hingga 15 voltok . biji lingkaran panjang tegak gepeng dan bila sudah renta berwarna coklat renta belang putih . tumbuhan remaja tingginya mencapai 2 meter lebih . pada umur 28 hari sudah berbunga dan pada umur 59 -79 hari sudah sanggup dipanen . produksi rata-ratanya yaitu 6,2 ton per hektar nya polong muda atau 0,4 ton per hektar biji kering .
Varietas kacang panjang ini cukup tahan terhadap penggerek polong dan cendawan wangi perusak polongan, namun kurang tahan terhadap serangan virus 1 .

Varietas kacang panjang 2
Varietas kacang panjang ini berasal dari Bogor yang cocok ditanam pada tempat dengan ketinggian dibawah 500 mdpl.

Batang kacang panjang berwarna hijau muda dan persegi enam . daun dan bunganya menyerupai dengan kacang panjang 1. tolong cilik , eksklusif dengan panjang 35 hingga 60 cm , dan berwarna hijau . jumlah polong dalam satu tumbuhan sanggup mencapai 5 hingga 18 buah lebih banyak dari kacang panjang tipe 1. polong kacang yang masih muda rasanya agak bagus . biji yang renta berwarna coklat muda.

Tanaman remaja dari kacang polong kacang panjang ini tingginya mencapai 2 meter lebih . mulai berbunga ketika berumur 30 hari . kacang panjang untuk sayur dipanen pada umur 58 hingga 80 hari setelah tanam dengan tingkat produksi 5,9 ton per hektarnya . Bila panen dalam bentuk biji kering jadinya sekitar 0,5 ton per hektarnya. varietas kacang panjang ini cukup tahan terhadap cendawan wangi polong dan penggerek polong , tetapi rentan terhadap virus sapu.


Cara Pembenihan dalam budidaya kacang panjang

Tanaman Kacang panjng diperbanyak dengan bijinya. biji kacang panjang yang dijadikan bibit tidak negatif dari buah kacang yang sudah masak. jadi, tumbuhan kacang yang diambil sebagai benih ialah tumbuhan yang tumbuh secara sehat.

Pilih polong yang sehat dan mulus, biarkan hingga kulit luarnya menarik dan kacang panjang yang masak di pohon ini harus sehat dan mulus, untuk satu hektar lahan yang dibentuk untuk budidaya kacang panjang, biasanya membutuhkan sekitar 15 hingga 20 kg. benih kacang panjang yang disimpan biasanya sering dirusak hama gudang. oleh lantaran itu biji yang akan dijadikan benih bibit tanamanan kacang panjang perlu perlakuan perwatan benih dengan memakai pestisida.

Untuk setiap 1 Kg benih kacang dibutuhkan 1- 2 gram pestisida yang dilarutkan dalam 1 1/2 liter air. merendam benih sekitar 3 menit dalam larutan. Ikuti Petunjuk Penggunaan Pestisida di Tempat Penyuluhan Pertanian terdekat.


Penanaman tumbuhan kacang panjang


Cara menanam kacang panjang supaya berbuah lebat, setelah biji  di persiapakan, maka buatlah lubang tanam dengan tugal dengan jarak tanam antar baris 75 cm, dan jarak antar tanam 25 cm. masukan dua hingga tiga butir benih ke dalam lubang. kemudian lubang ditutup dengan tanah tipis-tipis tanpa dipadatkan.

Pertumbuhan tumbuhan kacang panjang tidak mesti ditanam dalam bedengan. jikalau ingin menciptakan parit dalam barisan, maka cukup dengan menaikkan tanah di kiri-kanan tanaman. sehingga barisan menjadi lebih tinggi.
Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Banyak Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat
Cara Budidaya Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Cara merawat dan memelihara tumbuhan kacang panjang


Cara Merawat Kacang Panjang supaya berbuah Lebat, Kacang panjang yang tipenya merambat perlu diberi lanjaran. jikalau kacang tipe merambat ini tidak diberi lanjaran atau ajir,  maka pertumbuhan tumbuhan akan menumpuk tak menentu. posisi buahnya pun akan berantakan di tanah. Ajir dibentuk dari bambu yang panjangnya 2 m. Ajir dipasang ketika tinggi tumbuhan mencapai 25 cm.

Agar pertumbuhan tumbuhan kacang panjang teratur, maka antar tonggak ajir di pasang tali. Tali-tali ini penting untuk julur cabang-cabangnya yang akan tumbuh kemudian.

Adapun pemangkasan pada tumbuhan kacang panjang ini dibutuhkan jikalau tumbuhan terlalu subur daunnya. maka daun kacang sanggup dikurangi supaya pertumbuhan generatifnya menjadi baik.


Cara memupuk tumbuhan kacang panjang

Pemupukan terhadap kacang panjang supaya kacang sanggup berbuah lebat dan banyak, Tanaman kacang panjang membutuhkan pupuk sangkar sebanyak 10 hingga 15 ton per hektar. pupuk ini diberikan bersamaan dengan tahap pengolahan tanah.

Pupuk tumbuhan dicampur dengan tanah dan disebarkan secara merata pada tanah lapisan atas. sedangkan pupuk anorganik yang dibutuhkan ialah UREA sebanyak 50 gram per hektarnya, TSB sebanyak 100 kg per hektar dan KCL sebesar 100 kg per hektarnya.

Pupuk UREA untuk kacang panjang supaya berbuah banyak dan lebat, maka pupuk diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama pada waktu tanam dan kedua pada waktu tumbuhan berumur 3 minggu. setiap proteksi takaran ketika setengah dari jumlah takaran total. sedang jenis pupuk yang lain sanggup diberikan sekaligus.

Soal pupuk urea ada juga yang beropini bahwa pembeliannya cukup setengah takaran saja. Hal ini lantaran kacang panjang ialah tumbuhan yang sanggup mengikat unsur nitrogen bebas dari udara melalui bintil akar nya yang mengandung rhizobium. oleh lantaran itu, bila tanah gembur dan bintil akar yang tumbuh banyak, maka pemberiannya cukup setengah takaran saja


Hama dan penyakit pada tumbuhan kacang panjang

Hama termasuk problem yang menghambat pertumbuhan tumbuhan tidak sehat dan hasil buah tidak lebat. Adapun hama yang kerapa kali menyerang tumbuhan kacang panjang antara lain : Ulat penggerek polong tanda-tanda serangannya terlihat pada polong yang berlubang dan sering terlihat ulat di dalamnya.

Untuk mencegah hama ini sanggup dipakai tamaron 200 LC dengan takaran 3-5 ml/per 1 liter air atau 550C dengan takaran 1-2 ml per 1 liter air.

Selain hama diatas, ada juga hama kacang yang tergolong sangat menjengkelkan yaitu Lalat kacang Tanaman yang terjangkit menjadi layu.

Kematian pada tumbuhan kacang akan terjadi jikalau serangan hama ini terjadi pada tumbuhan yang gres tumbuh.

Pengendalian terhadap serangan hama ulat ini sanggup memakai insektisida tamaron 200 LC dengan takaran 2 hingga 4ml per 1 liter air. insektisida disemprotkan semenjak tumbuhan berkecambah setiap 5 hingga 7 hari sekali.

Jika tumbuhan diserang oleh ulat grayak maka daunnya berlubang-lubang dan bahkan sering tinggal tulang daunnya saja. ulat grayak dicegah dengan insektisida bayrusil 250 C dengan takaran 100 hingga 2 ML 1 liter air atau tugu Dion 500cc dengan takaran 1 hingga 2 ml per 1 liter air. Hama yang tidak tampak batang tumbuhan tetapi menyerang lewat bawah ialah Ulat tanah. tumbuhan muda digigit penggalan pangkalnya hingga mengganggu pertumbuhan

Tanaman gampang di gigit penggalan pangkalnya hingga mengganggu pertumbuhan. Hama ini sanggup dicegah dengan menyemprotkan tamaron 200cc, 2 hingga 4 ml per 1 liter air atau dengan menawarkan 96 SP 100 gram yang dicampur 10 kg tidak harus ditambah setengah kilogram gula atau mulato. adonan di aduk merata dan disebarkan di penggalan bawah tanaman.

Penyakit yang banyak menyerang tumbuhan kacang panjang antara lain bercak daun akhir Serangan jamur dengan tanda-tanda berupa bercak-bercak pada daun yang diikuti dengan kerusakan daun hingga rontok. Selain itu penyakit karat daun dan wangi polong sering terlihat pada tumbuhan kacang panjang yang diserang cendawan.

Sebagai pencegah terhadap ketiga jenis penyakit ini sanggup disemprotkan antracol 70 WP dengan takaran 2 hingga 4 ml per 1 liter air. jikalau cuaca kering maka diberikan sekali seminggu. jikalau lembab di semprotkan 2 kali seminggu. tindakan mengurangi kelembaban termasuk tindakan pencegahan penyakit pada tumbuhan kacang panjang supaya tetap sanggup berbuah lebat dan banyak.


Cara panen tumbuhan kacang panjang berbuah lebat

Tanaman kacang panjang sanggup dipanen beberapa kali. panen untuk sayuran ini dilakukan mulai umur 50 hingga 60 hari. Kacang panjang yang sempurna untuk sayur segar ialah kacang panjang yang warnanya hijau segar dan polongnya masih muda. Polong kacang yang tidak padat lagi, isinya mengeras dan kulitnya berserat tak cocok untuk sayuran. Oleh lantaran itu, panen kacang panjang harus sempurna waktu. lain halnya untuk polong yang memang akan disiapkan untuk benih. Untuk keperluan bibit yang akan ditanamkan kembali, polong gres cocok dipanen setelah benar-benar tua. interval panen dilakukan seminggu sekali. Ini sanggup berjalan hingga masa produktif terhenti atau setelah tumbuhan berumur sekitar 4 bulan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar