--> Skip to main content

Penyebab Daun Bawang Merah Menguning Dan Cara Mengatasinya

Bawangbawangan.Com - Penyebab daun bawang merah menguning di antaranya di sebabkan oleh serangan hama embun tepung dan cendawan alternaria porri eii cif.

Tanaman bawang merah yang di serang penyakit ini biasanya daun bawang merah akan mulai tampak bintik-bintik abu-abu atau hijau pucat.

Biasanya bintik-bintik yang ada di ujung daun dan terjadi dalam pembentukan umbi bawang merah.

Jika udara lembab atau turun hujan , bintik-bintik tersebut akan menjalar dan berubah warna menjadi ungu.
selanjutnya daun bawang akan mulai menguning pada belahan ujung dan menjalar ke bawah hingga pangkal batang , kemudian berkembang menjadi kering.

Akibatnya flora menjadi layu dan mati,  penyakit dengan tanda-tanda menyerupai ini disebut sebagai penyakit embun tepung trotol atau blorok. penyebabnya yaitu cendawan peronospora destructor.
Cendawan ini membentuk spora sebagai alat perkembangbiakannya yang mana sporanya berwarna biru keabuan.

Spora yang dihasilkan pada malam hari ketika suhu udara rendah sekitar 10 celcius pada ketika dan menyebar menyerupai inilah spora tersebut mencari kawasan untuk membentuk. Dan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit pada flora bawang merah

jikalau malam harinya berkabut dan menjelang pagi nya banyak embun melekat pada daun bawang, maka spora akan melekat pada daun tersebut. Akibatnya terjadilah nanah penyakit embun tepung.

Kalau kelembaban udara cukup tinggi intensitas nanah dan serangan penyakit makin parah,sehingga dapat menggagalkan setiap tanaman. Jika serangan tersebut di atas umur empat puluh hari, maka flora bawang merah masih dapat diperlukan untuk dipanen. Keadaan cuaca yang cerah dan matahari tetap bersinar dapat sedikit mengurangi serangan penyakit cendawan ini.
 di antaranya di sebabkan oleh serangan hama embun tepung dan cendawan alternaria porri ei Penyebab Daun Bawang Merah Menguning dan Cara Mengatasinya
Penyebab Daun Bawang Merah Menguning dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Daun Bawang Merah Yang Pucuknya Kuning

Cara mengendalikan dan mengatasi daun bawang merah kuning. Pencegahan dan pemberantasan penyakit daun bawang merah dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
 di antaranya di sebabkan oleh serangan hama embun tepung dan cendawan alternaria porri ei Penyebab Daun Bawang Merah Menguning dan Cara Mengatasinya
Cara mengatasi daun bawang merah yang pucuknya kuning Via Credits

Tanaman bawang merah yang diserang oleh cendawan alternaria porri eii cif biasanya juga daun dapat kuning sehabis 4 hari terjangkit akan terinfeksi menguning dan proses pembentukan umbi terganggu.

Jika yang diserang yaitu belahan umbinya, maka umbi bawang merah akan menjadi kering.

Cara mengendalikan flora bawang merah akhir cendawan yang yang menjadikan daun bawang merah menjadi kuning ini adalah

Pergiliran flora dilakukan untuk menekan perkembangan jamur terutama di isu terkini penghujan yang kelembaban udaranya cukup tinggi.

Selain itu, pengaturan drainase yang baik dapat membantu pengendalian penyakit ini.

Adapun secara kimiawi penyemprotan dengan fungisida dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan jamur.

Fungisida untuk mengatasi daun bawang merah mengkuning
Credits

Kronologi Serangan Penyakit Daun Bawang Merah Menguning 

Pada mulanya cendawan yang terbawa angin atau air melekat pada belahan flora bawang merah, termasuk daun.

Kemudian pada belahan yang terinfeksi terjadi suatu perubahan warna berubah bercak kecil putih hingga abu-abuan.

Pada bercak yang membesar tampak bulat membentuk cincin berwarna keunguan yang dikelilingi warna kekuningan.

Ujung daun yang terjangkit penyakit tampak mengering ,terutama pada daun flora yang suadah menua.

Adapun serangan terhadap umbi terjadi selama panen atau pasca panen itu berwarna kuning kecoklatan dan jaringan yang sakit menjadi kering.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar