--> Skip to main content

Jenis Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah, Bawangbawangan.com - Pekarangan rumah tidak selalu harus ditanami flora hias atau flora buah. Tanaman sayur pun sanggup ditanam di pekarangan rumah kita. Tanaman sayuran dengan penataan yang rapi akan menciptakan pekarangan rumah nampak asri. 

Keberadaan flora sayuran di pekarangan rumah kita sebagai pemilik rumah tidak akan hanya menikmati keasrian dan hijaunya pekarangan rumah, namun juga sanggup memetik hasil untuk di masak dan di makan sendiri bersama keluarga.
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah


Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah

Memang selama ini Para pemilik rumah lebih menentukan flora buah atau flora hias untuk menghijaukan halaman atau pekarangan rumahnya untuk mengindahkannya. akan tetapi kini tidak sedikit para pecinta flora bahkan ibu rumah tangga memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayuran. selain sayuran ditanam eksklusif di dalam lahan tanah yang tersedia, ada juga yang menanam flora sayur di media menyerupai pot atau polybag.  bahkan sudah banyak pula orang yang memanfaatkan wadah bekas menyerupai bekas kaleng, cat, bejana bocor atau wadah lain yang sanggup di manfaatkan sebagai pot flora sayuran. 

Bertanam sayur di pekarangan rumah mempunyai banyak manfaat dan kelebihan tersendiri.  yang sanggup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pekarangan juga nampak Asri jikalau di lihat. 
contohnya pada flora terung atau daun yang disusun sedemikian rupa sehingga tampak indah dipandang mata.

Manfaat lain dengan bertanam sayuran di pekarangan rumah ialah sayuran yang dipetik lebih segar dan juga lebih sehat tentunya, lantaran tidak mengandung banyak zat kimia, bahkan sayuran tersebut sanggup dibentuk secara organik. 

Sayuran ditanam untuk dimanfaatkan sebagai atau seluruh bab tanamannya.
Ada juga jenis sayuran yang diambil buahnya saja menyerupai tomat dan cabe.  Ada juga yang diambil daunnya saja menyerupai ini flora kangkung, sawi dan bayam. Ada juga flora yang dimanfaatkan umbinya saja menyerupai bawang merah atau juga bawang putih. 

Kegunaan sayuran dan cara menanamnya juga beraneka ragam, mulai direbus atau dikukus sebelum dimakan sampai dimakan secara mentah sebagai lalapan bersama dengan sambal.

Sebagai komoditas yang dikonsumsi sehari-hari, sayuran banyak diusahakan oleh petani di mana mengembunkan nya.  Secara bisnis, sayuran memang menguntungkan apabila diusahakan dalam skala besar. Akan tetapi tidak sedikit pecinta flora sayur yang menanamnya di  pekarangan rumah atau sekitar rumah menyerupai di belakang rumah. 

Bagi pembudidaya flora yang mempunyai halaman yang luas, Maka sayuran umumnya ditanam eksklusif di lahan dengan terlebih dahulu mengembangkan bedengan-bedengan untuk flora sayuran. 

Bertanam sayur eksklusif di lahan atau tanah memerlukan persiapan yang bagus. tanah yang akan ditanami sayuran harus diolah terlebih dahulu biar supaya tanah tanah menjadi gembur yang siap untuk ditanami sayuran 

Cara mengolah tanah mencakup pencangkulan dan pembalikan tanah bab atas, dan menunjukkan pupuk sangkar sebanyak 1 kg per m2 nya.  Sesudah itu dibentuk bedengan-bedengan yang sesuai dengan luas lahannya.

Tanaman sayur pun siap di tanam. Sesudah itu, di buat bedengan yang di sesuaikan dengan luas lahan. Tanaman sayur pun siap di tanam.

Menanam sayuran di pekarangan rumah sangat bermacam-macam. Ada yang ditanam eksklusif di tanah atau juga menanamnya dalam wadah menyerupai pot yang dimodifikasi semenarik mungkin atau dengan konsep perpaduan antara kolam dan flora untuk memelihara ikan dan sayuran. 

Teknik ini terkenal disebut aquaponik sistem bercocok tanam tanpa tanah atau terkenal dengan sebutan hidroponik.  hal ini juga sanggup menjadi seni administrasi bertanam sayuran di pekarangan rumah.

Jenis sayuran sayuran yang ditanam di pekarangan rumah


umumnya flora sayuran yang biasa dijumpai di pekarangan rumah yaitu jenis flora sayuran yang gampang ditanam dan gampang cara merawatnya.

Berapa jenis sayuran yang banyak ditanam di pekarangan rumah, yaitu cabai,selada,sawi, bayam dan juga kangkung.

Sayuran ditanam bertujuan untuk diambil daun buah atau bunga bunganya.  Oleh alasannya itu flora sayuran sanggup dibedakan menurut bab yang banyak di manfaatkan bagi manusia, yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi dan juga sayuran bunga-bungaan,sayuran umbi.

1. Sayuran Umbi
Sayuran umbi yang biasa ditanam di pekarangan rumah yaitu kentang,wortel lobak,bawang merah dan bawang putih merupakan beberapa jenis flora yang termasuk dalam kelompok sayuran umbi. Dinamakan Kelompok sayuran umbi lantaran bab flora yang dimanfaatkan sebagai sayur yaitu umbinya. 
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Sayuran Umbi

2. Sayuran Bunga
Sayuran yang ditanam berupa bunga bertujuan untuk diambil bunganya atau yang diambil untuk disayur atau dimakan pada bab bunganya antara lain : bunga turi dan bunga kol. 
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Sayuran Bunga

3. Sayuran Buah
Sayuran buah dinamakan sayuran buah alasannya flora ini ditanam untuk diambil buahnya. 

Jenis sayuran yang termasuk dalam jenis sayuran buah ini antara lain : tomat,terong, labu siam,cabe, mentimun, pare dan buncis. 

Buah dari sayuran-sayuran tersebut umumnya sanggup dikonsumsi eksklusif atau dimasak atau juga ditumis sebagai lalapan atau adonan sambal. 

4. Sayuran Daun
Sayuran daun merupakan flora sayur yang diambil bab daun dan batangnya untuk dimakan secara langsung, dimasak, atau juga dijadikan lalapan. 
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Sayuran Daun

Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau di pekarangan rumah untuk hiasan sekaligus keperluan dapur. Sayuran yang termasuk dalam golongan ini,antara lain kangkung, bayam, kemangi, selada, sawi, seledri dan petai. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar