--> Skip to main content

Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan

Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkanbawangbawangan.com- sebagian besar dari bangsa indonesia ialah petani. Dan petani indonesia kebanyakan menanam padi. Tanah air indoesia serta ikllamnya yang cocok untuk di tanami padi menimbulkan bangsa indonesia lebih banyak didominasi menanam padi, terlebih lagi bagi masyarakat jawa.

Namun mengapa pemerintah masih saja sering mengimpor padi atau beras dari luar negeri.
Sangat di sayangkan memang kalau rakyat indonesia lebih banyak didominasi petani padi, namun masih menginpor padi.

Harapan kami tentu bagaimana cara menanam padi yang baik dan menguntungkan
Di mengerti oleh seluruh petani indonesia dan mereka betul-betul bisa mengahasilkan panen padi yang baik dan menguntungkan. Sehingga pemerintah berhenti import namun ekspor ke luar negeri.
Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan
Cara menanam padi yang baik via leoncanerotphotography.com

Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan


Disini kami mencoba untuk menulis uraian tata cara budidaya atau cara menanam padi yang baik dan menguntungkan, Insya Alloh.

Sebelumnya, untuk memperoleh tumbuhan padi menjadi kualitas bagus, tentu diharapkan tata cara menanam padi dengan proses penanaman padi yang baik dan benar, persiapan sebelumnya yang harus di tekankan dalam budidaya atau menanam tumbuhan padi sehingga jadinya baik dan menguntungkan.
 
Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan
cara menanam padi jajar legowo
Berikut ini beberapa langkah dalam cara menanam padi yang harus di perhatikan dari mulai penyemaian bibit padi hingga panen berikut ini:

Mempersiapkan Lahan yang Akan di Tanami Padi

Lahan atau sawah yang akan di tanami tumbuhan padi, sebaiknya sudah siap sekurang-kurangya 2 ahad sebelum tananam padi di tanamkan. Yakni dengan cara mengolah tanah sawah dengan sebaik mungkin. Jadi, lahan atau sawah harus betul-betul tidak ada rumput air, gulma, rumput liar dll. Sehingga nutrisi dari tanah atau nutrisi-nutrisi yang di berikan oleh petani pada tumbuhan padi di habiskan oleh tumbuh-tumbuhan pengganggu tersebut.

Bila lahan di pastikan sudah terbebas dari tumbuhan liar pengganggu, makan lahan bisa di basahi dengan air lalu membajaknya dengan traktor atau yang lainnya.

Pembajakan di maksudkan untuk menciptakan tanah menjadi lunak bahkan gembur serta sesuai untuk tumbuhan padi.

Sesudah pembajakan  pada tanah simpulan dilkukan, maka genangi kembali sawah dengan air.

Penggenangan air dalam ukuran banyak hingga menutupi seluruh lahan dalam sawah kira-kira sekitar 10 cm.

Biarkan air pada lahan sawah terus menggenang selama siktar 2 minggu. Sehingga tanah akan berkembang menjadi berlumbur dan racun-racun pada tanah juga akan hilang dengan sendirinya.
Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan
cara menanam padi ciherang

Cara Memilih Bibit Padi
Dalam menentukan bibit pada sebagai cara selanjutnya dalam menanam padi yang baik dan menguntungkan, perlu sangat di perhatikan. Kita harus menentukan bibit padi yang baik dengan cara melaksanakan observasi atau percobaan dan pengujian sendiri untuk melihat hasil sampel kualitasnya.

Pengujian dan percobaan dilakukan dengan cara merendam bijih padi sekitarmya 100 butir benih padi di dalam air yang berwadah bejana atau bak. Sesudah sekitarnya 2 jam, kita bisa menyidik benih-benih tersebut.

Cara menanam benih padi yaitu dengan cara menyidik benih padi yang dilakukan dengan mengamati perubahan-perubahan pada benih padi.

Bila kecambah padi yang keluar ada sekitar 90%, maka bisa di simpulkan benih-benih tersebut mempunyai kualitas dan tinggi mutunya.

Benih yang menawarkan hasil sedemikian rupa tersebut layahk untuk di semai dan di tanamkan di lahan kita, alasannya kualitasnya dan mutunya bagus. Namun, kalau hasil benih pengujian yang kita semaikan di atas menawarkan sebaliknya. Maka, sebaiknya ganti benih padi dengan membeli ke toko pertanian atau membeli pada tetangga dan kawang yang memiiki bibit padi yang sudah teruji kualitas dan mutunya.

Jika sudah mendapatkan bibit padi yang manis kualitas dan mutunya, maka bisa melaksanakan tahap selanjutnya yaitu persemaian bibit padi.

Persemaian Bibit Padi

Persemaian bibit padi bisa dilakukan setelah memperoleh bibit padi unggul. Bibit padi unggul bisa disemai pada lahan persemaian. Lahan persemaian sudah di dahulu harus disiapkan. Lahan yang diharapkan untuk persemaian bibit tumbuhan padi sekitar 1 : 20.

Umpama akan menanami sawah seluas 2 hektar,  maka tempat atau lahan persemaiannya sekitar 1000 m2. Lahan pada wadah persemaian hendaknya juga berlumpur dan mengandung air. Berilah pupuk dengan pupuk tsp dan juga pupuk urea pada lahan persemaian dengan ukuran masing-masing 10 gr per 1 m2. Bila lahan persemaian sudah dirasa siap,maka benih-benih padi yang sudah mengeluarkan kecambahnya bisa di sebarkan secara merata.

Penanaman Padi

Proses penanaman bisa dikerjakan  sesudah benih pada proses persemaian sudah tumbuh daun dengan tepat sebanyak 3-4 helai daun.

Jangka waktu dari persemaian ke bibit siap tanam umumnya sekitar 12 hingga 14 hari saja. Bila telah siap tanam, bibit bisa di pindahkan dari lahan semai bibit ke sawah.

Pemidahan bibit tumbuhan padai jangan hingga merusaknya. Cara menanamnya bisa di kerjakan pada lubang-lubang tanam yang sudah disiapkan. Khususnya untuk tumbuhan padi dalam satu lubang bisa ditanami dua bibit atau lebih sekaligus.

Cara menanamnya bisa dilakukan dengan cara memasukkan bab akar yang berbentuk abjad l semoga akar bisa tumbuh secara sempurna. Kedalaman bibit ditanam juga ditentukan berkisar pada rentang 1-15 cm.

Bisa juga proses menanam padi yang menanamnya ketika sawah masih ada airnya yang gembur dan menncapkannya eksklusif tanpa melubanginya terlebih dahulu.

Adapun waktu menanam padi lebih bagus  itu kalau dilakukan 2 kali dalam setahunnya menurut masa penanaman tumbuhan padi yang paling ideal.

Cara Merawat Tanaman Padi
 

Adapun cara merawat tumbuhan padi di lakukan dengan tiga cara, yakni penyiangan, pengairan, dan pemupukan pada tumbuhan padi

Cara penyiangan tumbuhan padi
Penyiangan pada tumbuhan padi dikerjakan dengan cara menjaga kebersihan lahan dari gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya. Penyiangan ini harus dikerjakan secara tertur dengan setiap rentang waktu tertentu. Penyingan tananaman padi bisa di dikerjakan setiap 2 ahad atau 3 ahad sekali.

Cara Mengairi Tanaman Padi
Pengairan yang hendaknya di alirkan pada tumbuhan padi juga harus melihat keadaannya.  Sebagaimana yang di perlukan pada pada tanaman-tanaman lainnya, sehingga tumbuhan padi tidak kelebihan air dan juga tidak kekurangan pasikan air.
Cara Pemupukan Tanaman Padi
Selanjutnya langkah cara pemupukan untuk tumbuhan padi, yaitu pupuk tumbuhan di berikan  pertama kali setelah tumbuhan padi berumur sekitar 1 minggu.

Jenis pupuk untuk tumbuhan padi yaitu pupuk urea dengan ukuran 100 kg per hektarnya dan pupuk tps dengan ukuran sekitar 50 kg per hektar luasnya lahan.

Cara pemupukan selanjutnya di berikan setelah berumur 25-30 hari setelah masa tanam. Dengan cara pupuk urea di berikan lagi pada tumbuhan padi dengan ukuran 50 kg per hektar dan pupuk phoska dengan ukuran 100 kg per hektarnya.

Hama Dan Penyakit Tanaman Padi

Hama dan penyakit yang menyerang pada tumbuhan padi bisa di tanggulangi dengan cara menyemprotkan pestisida yang sesuai.

Cara Panen Padi
Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan
Cara Panen Padi
Panen padi bisa di lakukan kalau padi sudah menawarkan tanda-tandanya dengan di tandai batang padi sudah merunduk dan bulir-bulir padi telah menguning warnanya.

Padi sudah bisa di panen baik memanennya dengan alat-alat dan cara tradisional maupun juga dengan cara yang semi modern dan juga modern sesuai yang dipakai pada umumnya di tempat anda masing-masing.

Itulah panduan cara menanam padi yang baik dan benar. Dan jangan lupa mengeluarkan zakat dan sedekah kepada yang berhak menerimanya setiap habis panen kalau sudah senisob, insya allah akan lebih menguntungkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar