--> Skip to main content

Cara Menanam Singkong Yang Menguntungkan

Cara Menanam Singkong yang MenguntungkanBawangbawangan.com - Kata singkong dulu pernah terkenal di indonesia, bukan sebab rasa dan nikmatnya singkong ketika di makan, tapi sebab ada lagu " Aku suka singkong, kamu suka keju. Aku ini hanya anak singkong”.

Dari lagu tersebut menggambarkan kebayakan orang yang makan singkong itu anak orang miskin renta renta yang hanya sanggup menanam batang singkong dan makan singkong dari kebun belakang rumah.

Namun belakangan "Aku Anak Singkong"  justru berkembang menjadi kebanggaan. Sebab belakangan banyak pengusaha muda yang budidaya singkong menjadi kaya berkah dari perjuangan singkong.

Jika dulu masyarakat haya menikmati singkong dengan hanya sajian rebusan dan gorengan saja, namun sekarang masyarkat kelas bawah,menengah maupun kelas atas sanggup menikmati singkong aneka macam produk olahan singkong yang lebih nikmat menyerupai keripik dengan aneka racikan bumbu, dengan kemasan yang juga glamor berupa plastik yang bermerek atau aluminium foil.
Cara Menanam Singkong yang Menguntungkan Cara Menanam Singkong yang Menguntungkan
cara menanam singkong yang menguntungkan

Cara Menanam Singkong yang Menguntungkan


Bibit merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan budidaya singkong . Pemilihan bibit yang sempurna mempertinggi produktivitas tumbuhan Singkong . Ujung-ujungnya kuat terhadap pendapatan perkebunan singkong. Biaya produksi singkong Rp 30 juta per hektar. Sebanyak Rp 4.000.000 di antaranya yakni biaya bibit.

Artinya biaya bibit menyedot sekitar 13% dari total biaya produksi pada awal budidaya. Pada periode budidaya berikutnya perkebunan sanggup memanfaatkan batang tumbuhan hasil panen sebagai bibit sehingga tidak perlu membeli bibit singkong lagi .

Sebelum menanam dan menentukan varietas sebaiknya perkebunan menentukan terlebih dahulu pasar yang dibidik . Pangan atau keripik atau mocat atau tapioka atau non pangan, Sebagai materi baku bioetanol.

Dengan begitu perkebunan sanggup menanam varietas singkong yang sempurna sehingga sanggup mendapat laba yang maksimal.

Bibit yang di buat dari batang tumbuhan singkong yang akan dipilih harus dari tumbuhan singkong yang berkualitas tinggi, sehat dan juga tidak berjamur.

Syarat bibit singkong yang baik

Murni dan terperinci varietasnya
Diambil dari tumbuhan berumur 7 Hingga 14 bulan
Berasal dari batang kepingan pangkal dan tengah sebab mempunyai daya tumbuh diatas 75% diameter stek 1,5 cm hingga 4 cm .
Tidak rusak fisik dan fisiologis contohnya terdapat luka bekas benturan atau tergores .
Tidak terinfeksi hama dan penyakit .
Tanpa penyimpanan, berdasarkan peneliti tumbuhan umbi-umbian di balai penelitian tumbuhan kacang-kacangan dan umbi-umbian menuturkan bibit yang tidak disimpan daya tumbuhnya 100%.
Penyimpanan bibit menurunkan daya tumbuh singkong .
Bibit simpan 4 Minggu daya tumbuhnya 87% dan bibit simpan 8 Minggu daya tumbuhnya 60 %.

Cara Menanam Singkong yang Menguntungkan Cara Menanam Singkong yang Menguntungkan
cara menanam singkong yang baik 


Cara Menanam Tanaman Singkong


Cara menanam tumbuhan singkong yang baik dan benar dan menguntungkan antara lain : dalam menanam tumbuhan singkong harus memperhatikan musimnya dan curah hujan. jadi waktu terbaik untuk menanam tumbuhan singkong yaitu setelah demam isu tumbuhan padi dan awal demam isu penghujan.
Adapun jarak tanam singkong dalam contoh monokulturan yakni 80 cm x 120 cm.

Sebelum bibit singkong di tancapkan ke lahan tanam di anjurkan supaya bibit singkong direndam dalam pupuk hayati SOT HCS terlebih dulu yang mana sudah tercampuri air selama 3 hingga 4 jam.

Setelah itu sanggup di lakukan penanaman singkong di lahan luas, Hal ini sangat baik sekali untuk merangsang pertumbuhan bibit singkong.

Cara menanam singkong cukup dengan melancipkan ujung bawah stek batang pohon singkong, lalu setelah itu di tancapkan ke dalam lahan tanah sekitar 5 cm hingga 10 cm ke dalam tanah sebagai awal penanaman singkong.

Cara Merawat Tanaman Singkong
Selanjutnya yakni cara merawat tumbuhan singkong yang baik dan menguntungkan

Sebetulnya cara budidaya menanam singkong yang baik itu gampang, dimana singkong akan tumbuh dengan sendirinya dan sanggup berbuah tanpa perawatan intensive.

Sebab secara alami tumbuhan singkong merupakan tumbuhan yang simpel sekali tumbuh dan di biarkan sendiri juga sanggup berbuah sendiri di dalam tanah meskipun tanpa merawatnya secara intensif.

Namun sebagai cara yang baik menanam budidya singkong supaya lebih menguntungkan dengan hasil panen singkong yang baik, banyak dan besar-besar. maka di perlukan cara merawat singkong yang baik dan benar.

Diantara cara merawat tumbuhan singkong yang sering di lakukan para petani singkong yakni pemupukan yang benar. Pemupukan pada tumbuhan singkong sebaiknya di berikan setelah 4 ahad dari masa tanam. Yang mana biasanya di tandai dengan munculnya daun singkong sebanyak 5 hingga 7 helai. Pupuk untuk tumbuhan singkong sanggup memakai pupuk menyerupai pada tumbuhan lainnya, menyerupai UREA, TSP dan KCL dengan ukuran yang di rekomendasikan.


Cara Merawat Tanaman Singkong yang Menguntungkan
- Sirami tumbuhan singkong yang gres di tanamkan 2 kali setiap hari, yaitu tiap pagi dan sore hari pada masa usia 0 hingga 5 bulan. Tunjuan penyiraman yakni untuk menciptakan tanah tetap lembab dan tumbuhan singkong tetap mendapat air untuk di serapnya.

- Melakukan penyulaman. jikalau ada tumbuhan singkong yang tidak mau tumbuh atau mungkin mati. Maka, Anda sanggup segera membersinhkannya dari perkebunan singkong. Khususnya ketika berusia 7 hingga 10 hari semenjak singkong ditanamkan.

- Menyiangi tumbuhan singkong apabila ada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Jika tumbuhan dalam sekala luas, maka kita sanggup menyemprotkan dengan pestisida pembasmi rumput. Namun, jangan hingga mengenai tumbuhan singkong. Sebab hal itu sanggup kuat pada kulitas dan kuantitas umbi singkong nantinya.

- Berilah pupuk susulan dikala tumbuhan singkong berumur 2 hingga 3 bulan. Menaburkan pupuk dengan jarak 25 cm hingga 30 cm dari batang tumbuhan singkong.

Cara supaya tumbuhan singkong nantinya mengeluarkan umbi yang berkualitas tinggi dan menguntungkan. Maka anda sanggup melaksanakan pembubuhan/ penggemburan pada sekitar tumbuhan singkong memakai tanah yang berkualias ke sekitar tumbuhan singkong.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar