--> Skip to main content

Cara Menanam & Menciptakan Media Tanam Hidroponik Sederhana

Menanam secara hidroponik merupakan teknik dan cara menanam tumbuhan yang di lakukanoleh insan modern. cara menanam secara hidroponik merupakan cara menanam yang tidak masuk akal dan hanya berlaku pada tumbuhan sayuran dan bunga-bungaan. 

Sebab menanam secara hidroponik yaitu menanam tumbuhan tanpa menggunakan tanah. menanam secara hidroponik yaitu menanam dengan menggunakan air saja. Sehingga kebanyakan tumbuhan yang di tanam secara hidroponik itu ibarat sayur kangkung,bayam,sawi dll.

Adapun para pelaku yang menanam tumbuhan secara hidroponik yaitu masyarakat yang hidup di kota, dimana mereka tinggal di lingkungan yang padat penduduk dan lahan sempit. sehingga sedikit sekali tanah kosong yang sanggup di tanami tanaman. oleh lantaran itu masyarakat perkotaan kebanyakan menanam tumbuhan dengan sistem hidroponik tanpa tanah di pot-pot mereka.

Selain itu, tumbuhan yang di tumbuhan secara hidroponik sanggup ditanam dengan memanfaatkan barang-barang bekas contohnya kaleng bekas cat, kaleng bekas susu, pipa paralon, botol plastik, dan lain sebagainya dengan membentuk ibarat tingkat-tingkat, sehingga lebih ekonomis lahan atau daerah dan juga ramah lingkungan.

Kualitas dan mutu tumbuhan sayuran yang dihasilkan dari sistem hidroponik juga tidak kalah dengan menanam tumbuhan dengan cara biasa yakni menanam tumbuhan di kebun atau tanah yang luas.

Video Cara Menanam SISTEM Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Secara Hidroponik  

Cukup membeli bibit tumbuhan dan nutrisi contohnya pupuk sebagai modal awal dan Kita sudah sanggup menikmati hasil panennya 3-5 kali panen.

Menanam tumbuhan menggunakan sistem hidroponik, harus lebih memperhatikan media tanam dan nutrisinya. 

Sebaiknya media tanam mempunyai poros yang cukup supaya air dan nutrisi lansung sanggup terserap secara baik sehingga akar sebagai penopang flora menjadi berpengaruh dan kokoh.

Menanam Tanaman Sistem Hidroponik Sederhana

Berikut di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tahapan-tahapan dalam menanam tumbuhan dengan cara sistem hidroponik sederhana :

Cara Pembibitan dan Cara Penyemaian Tanaman dengan Sistem Hidroponik

Hidroponik Sederhana

Semaikan benih atau bibit yang akan ditanam terlebih dahulu dengan menggunakan media rockwool, yaitu semacam kerikil vulkanik yang sudah dipanaskan sebelumnya sehingga steril dari hama tanaman.

Lalu Tanam benih sekitar 2-3 benih untuk setiap rockwool menggunakan pinset. Basahi rockwool yang telah diberi benih kemudian letakkan di daerah gelap dan tunggu sampai berkecambah.

Sesudah itu pindahkan ke daerah terang namun hindari sinar matahari langsung, dan sirami dengan air pada tiap pagi dan sore secukupnya. Tunggu kira-kira sekitar 1-2 minggu, setelah tumbuh, maka flora siap untuk dipindahkan ke media tanam.


Pembuatan Media Tanam dalam Sistem tanam Hidroponik

Untuk media tanam Kita sanggup memanfaatkan bungan sekam bakar dan pasir kerikil yang di taruh di dalam barang bekas semisal botol bekas,kaleng bekas dll, atau sanggup pula dengan cara membeli pot-pot yang sesuai.

Selain menyediakan pasir atau keriki,l Kita juga sanggup pakai media-media tanam lainnya semisal  akar dan batang pakis,sabut kelapa, genteng, atau pecahan kerikil bata, dll.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana


Adapun tata cara menciptakan media tanam hidroponik sederhana atau wadah tumbuhan dalam cara menanam tumbuhan dengan sitem hidroponik sederhana sanggup dengan cara memanfaatkan botol-botol bekas. Adapun cara menciptakan botol plastik bekas sebagai pot tumbuhan dalam tanam sistem hidroponik sederhana, ialah :

1. Menyiapkan botol plastik yang sudah tidak terpakai. atau juga sanggup membeli pada tukang rosok bila memang banyak yang akan di tanam.

2. Kemudian botol bekas tersebut di potong jadi 2 bagian, yakni potongan atas dan bawah.

Bagian atas tutupnya diberi sumbu kemudian dilubangi secukupnya semoga sumbu tidak lepas, dari sumbu tersebutlah air nutrisi akan di serap oleh akar tanaman.

Sesudah selesai masukkan adonan sekam bakar dan pasir kerikil ke dalam botol potongan atas yang sudah diberi sumbu, sedangkan untuk potongan botol potongan bawah di beri cairan nutrisi hidroponik. Lalu setelah itu, pasangkan potongan botol potongan atas dan potongan bawah dengan posisi tutup botol menghadap ke arah bawah.

Penanaman dan Pemberian Nutrisi pada Tanaman Secara Hidroponik

 merupakan teknik dan cara menanam tumbuhan yang di lakukanoleh insan modern Cara Menanam & Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana
Media Tanam Hidroponik Sederhana

Setelah bibit dan media tanam sudah siap, Kita bisa eksklusif memindahkan bibit dari daerah penyemaian tanaman.

Wadah sebagai media tanam di lubangi sekitarnya 1-2 CM, Lalu kemudian tanam bibit tumbuhan disitu.

Adapun dukungan nutrisi pada tanaman, Jika Kita menggunakan teknik wick atau sumbu istilahnyau , maka Kita tidak harus menyiramkan air nutrisi secara manual di pagi dan sore.

Pemberian nutrisi ini sangatlah penting, Dan Kita bisaa meraciknya sendiri atau membeli nutrisi hidroponik yang sudah jadi di pasaran.


Panduan Cara Merawat tumbuhan dengan cara tanam sistem hidroponik

 merupakan teknik dan cara menanam tumbuhan yang di lakukanoleh insan modern Cara Menanam & Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana
Hidroponik Sederhana


Cara merawat tumbuhan pada sistem hidroponik secara umum tidaklah berbeda dengan cara menanam tumbuhan pada cara yang biasa di lakukan oleh semua petani

Sebab cara merawat tumbuhan yang di tanam secara hidroponik, juga dengan cara menyiangi gulma, memangkas tanaman, dll.

Selain itu, Kita  juga perlu memperhatikan semoga flora tidak terkena air hujan dan sanggup mendapatkan pancaran sinar matahari yang sesuai dengan yang di butukannya.

Dan juga nutrisi yang di butuhkan tumbuhan harus di perhatikan sekali, lantaran tumbuhan yang di tanam dengan sistem hidrponik bila nutrisi yang di butuhkannya tidak terpenehi sanggup menyebabkan tumbuhan yang kita tumbuhan dalam sistem hidroponik menjadi layu dan mati.

itulah sedikit ulasan mengenai cara menanam tumbuhan secara hidroponik sederhana atau cara menanam tumbuhan dengan sistem hidroponik sederhana dan juga cara menciptakan media tanam hidroponik sederhana . yang sanggup kami bagikan kali ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar