--> Skip to main content

22 Manfaat Dan Khasiat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu biji mahoni, bentuknya yang pipih dan berwarna coklat biasanya dipakai untuk bermain bawah umur dengan cara diterbangkan ke atas dan nantinya akan berputar layaknya baling - baling. Buah mahoni sekilas mempunyai warna yang menyerupai sekali dengan buah sawo. Buah Mahoni pun mempunyai pohon yang dimanfaatkan sebagai materi tekstil.

Namun dilain hal biji mahoni mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya menyerupai :


Eksema dan rematik

1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Melancarkan buang air besar

Khasiat biji mahoni juga ampuh dalam melancarkan buang air besar. Biji buah yang satu ini akan bekerja menyerupai sebuah serat yang mengikat banyak sisa masakan dalam organ pencernaan. Manfaatnya juga sanggup memproses dan mengolah masakan yang Anda konsumsi supaya benar-benar sanggup dibuang dari dalam tubuh dengan lancar.

Demam, masuk angin

Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan

Jika anda sering hilang nafsu makan, maka mahoni bisa dijadikan sebagai solusi.

Menyehatkan organ jantung

Khasiat biji mahoni yang pertama yaitu menyehatkan organ jantung Anda. Siapa sangka biji buah yang berukuran kecil ini punya manfaat yang besar untuk jantung. Anda sanggup mencegah penyakit jantung menyerupai jantung koroner dan juga serangan jantung yang sering menjadikan ajal pada penderitanya.

Tingkat Kehamilan

Daging buahnya yang dikonsumsi sanggup meningkatkan kesuburan.

Nyeri Haid

salah satu cara untuk mengatasi nyeri ketika haid yaitu dengan memakai herbal mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

Mengurangi Alzheimer

Tambahkan biji buah mahoni pada masakan anda maka sanggup dikurangi. Penyakit Alzheimer tidak sanggup disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh alasannya yaitu itu bentuk-bentuk pemberian untuk bertahan hidup menyerupai ini sangat diperlukan.

Mengatasi Sembelit

Biji mahoni juga sanggup dipakai untuk mengobaati sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara dihancurkan kemudian diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

Penangkal Serangga

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, sanggup berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga menyerupai nyamuk pembawa malaria, abu biji mahoni sanggup dipakai sebagai embel-embel untuk meningkatkan proteksi terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat biji mahoni yang lainnya yaitu sanggup dipakai uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni abu dengan air hangat sebelum makan sanggup membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada flora mahoni, pribadi bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah. 

Hipertensi (Tekanan darah tinggi):

Manfaat pertama dari biji mahoni yaitu untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya: 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah masbodoh disaring kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

Penambah berat badan

Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, Anda sanggup mengonsumsi biji mahoni. Biji buah ini mengandung senyawa alami yang bisa menciptakan berat tubuh Anda naik dengan alami. Anda perlu mengecek berat tubuh ideal yang sesuai dengan tinggi Anda terlebih dahulu supaya alhasil lebih memuaskan sesudah mengonsumsi biji ini.

Menambah kesuburan

Pasangan suami istri yang gres menikah niscaya ingin segera mempunyai momongan. Kesuburan yang sehat sangat penting untuk mencapai hal tersebut. Jika Anda ingin mempunyai anak, Anda sanggup mencoba manfaat biji mahoni. Biji buah ini berguna dalam meningkatkan kesuburan baik laki-laki dan wanita.

Menyehatkan organ pencernaan

Organ pencernaan menyerupai lambung dan juga usus perlu dijaga kesehatannya supaya sistem pencernaan Anda juga berjalan dengan lancar. Untuk menyehatkan pencernaan, Anda sanggup mencoba manfaat biji mahoni. Biji buah ini sangat baik untuk memperlihatkan proteksi kesehatan pada lambung serta usus.


Mencegah penyakit diare

Khasiat biji mahoni untuk mencegah diare didukung oleh sifat anti bakterinya. Perlu Anda ketahui bahwa diare muncul alasannya yaitu masuknya kuman serta basil ke dalam organ pencernaan Anda. Konsumsi biji buah ini lebih lanjut akan menciptakan tubuh Anda terbebas dari serangan basil penyakit diare.

Manfaat Mahoni yang Lainnya

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni abu keduanya merupakan embel-embel gizi yang sanggup diambil untuk aneka macam hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya mencakup :

  • menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • menurunkan membangun lemak dalam anutan darah
  • memerangi radikal bebas dengan antioksidan


Baca Juga : 30 Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling 
yang Menakjubkan Untuk Kesehatan


Semoga artikel wacana manfaat dan khasiat Biji mahoni sanggup bermanfaat untuk anda. Dan ingat untuk tetap utamakan kesehatan .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar