--> Skip to main content

Reproduksi Vegetatif Alami Dan Buatan Pada Tumbuhan

Reproduksi Pada TumbuhanBawangBawangan.Com Setiap organisme mempunyai kemampuan untuk menghasilkan organisme gres melalui suatu proses yang dinamakan dengan perkembangan atau reproduksi.

Proses reproduksi ini bisa terjadi melalui proses peleburan dua sel kelamin jantan dan betina yang mana hal ini disebut sebagai reproduksi secara generatif.

Adapula Proses reproduksi tanpa melalui proses peleburan dua sel kelamin yang disebut sebagai reproduksi secara vegetatif. [ Baca JugaCara Bawang Merah (Reproduksi) Berkembang Biak]
 Setiap organisme mempunyai kemampuan untuk menghasilkan organisme gres melalui suatu prose Reproduksi Vegetatif Alami dan Buatan Pada Tumbuhan
Reproduksi Vegetatif Alami dan Buatan Pada Tumbuhan via upload.wikimedia.org
Tumbuhan sanggup melaksanakan reproduksi atau berkembang biak/penambahan jumlah individu gres sanggup secara vegetatif atau secara generatif.

Lalu Bagaimana Tumbuhan Melakukan Reproduksi Secara Vegetatif dan Generatif ?

Reproduksi Vegetatif

Tumbuhan sanggup mengadakan reproduksi (berkembang biak) secara vegetatif dengan banyak sekali cara, tergantung pada jenis tumbuhannya. reproduksi vegetatif sanggup dilakukan secara alami atau juga secara buatan.

Reproduksi Vegetatif Secara Alami

Reproduksi vegetatif alami ialah reproduksi/perkembang biakan tumbuhan dengan menggunakan organ vegetatif yang terbentuk dengan secara natural.


Organ vegetatif yang biasa dipakai untuk reproduksi yaitu Stolon,umbi batang, rimpang, umbi lapis dan tunas adventif.
 Setiap organisme mempunyai kemampuan untuk menghasilkan organisme gres melalui suatu prose Reproduksi Vegetatif Alami dan Buatan Pada Tumbuhan
Reproduksi Vegetatif  Secara Alami via courses.lumenlearning.com

Reproduksi Vegetatif  Stolon
Stolon ialah batang yang nampak menjalar diatas tanah. balon nodus atau baku dan internodus atau ruas Dan biasanya bab atas internodus mengeluarkan tunas baru. Misalnya tumbuhan yang membentuk reproduksi dengan stolon di antaranya yaitu enceng gondok kaki kuda dan strawberry.

Reproduksi Vegetatif Umbi Batang
Umbi batang Ialah batang yang fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan. Bagian umbi batangnya terdapat mata tunas yang biasnya tumbuh sebagai tumbuhan baru. Tumbuhan yang melaksanakan reproduksi dengan umbi batang di antaranya yaitu kentang dan ubi jalar.

Reproduksi Vegetatif Rimpang
Rimpang atau rizhoma Ialah batang yang tumbuh menjalar di dalam tanah. Mulai dari ujung keluar tumbuhan gres yang akan tumbuh muncul dari permukaan tanah.

Tanaman yang mengadakan reproduksi dengan rhizoma antara lain Contohnya yaitu rumput teki, alang-alang dan bunga tasbih.

Reproduksi Vegetatif Umbi Lapis
Umbi lapis ialah umbi yang merupakan modifikasi dari daun dan tersusun secara berlapis. Di antara lapisan umbi tersebut akan tumbuh Tunas gres yang merupakan calon individu baru.

Reproduksi Vegetatif Tunas Adventif
Tunas ini biasanya muncul pada tumbuhan yang telah dewasa. pada umumnya, Tunas ini muncul di pada ketiak daun atau pada buku namun sanggup pula muncul dari akar dan dari daunnya Tunas ini menyerupai Tunas menyerupai ini dinamakan tunas adventif menyerupai halnya Cemara Kesemek dan sukun sanggup membentuk Tunas akar.

Reproduksi Vegetatif Secara Buatan

Reproduksi vegetatif buatan ialah reproduksi (berkembang biak) secara vegetatif Oleh tangan manusia.

Tujuan dari reproduksi vegetatif buatan ialah untuk memperoleh tumbuhan gres  dalam waktu yang cepat dan mempunyai kualitas yang baik dari sifat induknya. Contohnya buah manis,Besar-besar, dan tahan terhadap serangan hama penyakit.

Reproduksi vegetatif secara buatan ini bisa dilakukan dengan cara menyetek, mencangkok, menyambung, okulasi dan merunduk.

Reproduksi Vegetatif  Menyetek
Stek yakni perkembangbiakan dengan memanfaatkan batang atau cabang. batang atau cabang yang dipergunakan yaitu terhadap kawasan buku. reproduksi dengan langkah menyetek ini merupakan langkah yang paling praktis dilakukan. kita cuma perlu memotong batang tumbuhan dan menanamnya ke didalam tanah.

Reproduksi Vegetatif  Mencangkok
 Setiap organisme mempunyai kemampuan untuk menghasilkan organisme gres melalui suatu prose Reproduksi Vegetatif Alami dan Buatan Pada Tumbuhan
Mencangkok via courses.lumenlearning.com
Mencangkok merupakan cara reproduksi atau perkembang biakan tumbuhan yang dilakukan dengan cara membuang sebagian kulit tumbuhan disertai  kambium pada pada batang tanaman.

Selanjutnya, bab tersebut ditutup dengan tanah yang lantas dibungkus dengan sabut kelapa atau plastik.

Dari bab yang dikupas tersebut akan tumbuhan akar.Setelah tumbuh akar,  maka cabang batang tersebut sanggup dipotong dan ditanam di dalam tanah.

Reproduksi Vegetatif Okulasi
Okulasi yakni salah satu cara reproduksi tumbuhan secara vegetatif buatan dengan cara menggabungkan dua tumbuhan yang mempunyai sifat yang berbeda. Okulasi ini dilakukan dengan cara menempelkan Tunas suatu tumbuhan pada batang tumbuhan lain.

Sebelum melaksanakan okulasi ini,maka sebaiknya kita harus memastikan bahwa tumbuhan yang akan diokulasi kekuatan mempunyai kekuatan tinggi.

Reproduksi Vegetatif Merunduk

Merunduk yakni cara reproduksi vegetatif dengan merundukkan cabang atau batang tumbuhan ke dalam tanah . bab yang tertanam akan mengeluarkan akar . selanjutnya,  pada bab tanah tersebut sanggup dipisahkan dan dikembangkan lebih lanjut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar