--> Skip to main content

Cara Menentukan Bibit Bawang Merah Unggul Yang Baik

Cara Memilih Bibit Bawang Merah, Bawangbawangan.com Bibit yang baik akan menghasilkan tumbuhan yang baik,tanaman yang baik akan menghasilkan panen yang baik pula. Demikianlah kalimat bijak yang bisa kita jadikan pijakan dalam menentukan bibit suatu tumbuhan dalam bercocok tanaman.

Demikian juga dikala kita memilih bibit bawang merah. Oleh lantaran itu, kita perlu memperhatikan syarat umum dalam menentukan bibit bawang merah atau tanaman-tanaman lainnya, Diantara ciri-ciri bibit yang baik untuk di budidaya, antara lain yaitu :
 Bibit yang baik akan menghasilkan tumbuhan yang baik Cara Memilih Bibit Bawang Merah Unggul yang Baik
Cara Memilih Bibit Bawang Merah yang Baik via bebeja.com

Cara Memilih Bibit Bawang Merah Unggul

Satu,Memilih Bibit yang memiliki daya tumbuh yang baik. 
Daya tumbuh yaitu kemampuan tumbuh bibit dalam jangka waktu tertentu,artinya bibit tersebut memiliki kemampuan tumbuh secara normal dan sehat dalam jangka waktu seumur pertumbuhan dan perkembang biakannya. untuk bawang merah umurnya antara 55 hari sampai 65 hari.

Dua,Memilih Bibit yang memiliki daya produksi yang tinggi. 
Daya produksi tinggi artinya bibit yang akan di tanam kelak masa panen akan menghasilkan panenan yang melimpah dengan kualitas yang baik juga.

Tiga,Memilih Bibit yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit. 
Bibit yang hendak ditanam haruslah berasal dari tumbuhan yang sehat,tidak terkena penyakit atau juga tidak dari bekas biji atau buah tumbuhan yang diserang hama penyakit.

Empat,Memilih Bibit yang bisa mengikuti keadaan dengan iklim. 
Bibit yang baik itu ciri-ciri nya bisa menyesuaikan dengan kondisi iklim di mana bibit itu tumbuh dan berkembang, selama masih dalam batas-batas lingkungan tumbuh kembangnya.

Lima,Kemurnian Bibit Bawang Merah. 
Untuk mendapat kemurnian bibit kita sanggup menentukan dari tumbuhan yang kita tanam sendiri atau membelinya di pusat-pusat pembudidayaan tumbuhan hortikultura.

Dalam duduk kasus kemurnian bibit ini para petani bisa menentukan varietas-varietas bawang merah unggul yang kini ini telah banyak berkembang di Indonesia. Misalnya saja varietas Bawang merah Sumenep, Bawang merah varietas Lampung, Bawang merah varietas Bima, Bawang merah varietas bangkok, Bawang merah varietas Maja,Bawang merah  varietas Ampenan,Bawang merah varietas benteng,dan juga bawang merah varietas Brebes dan bawang merah varietas Demak.

Bawang merah varietas Bima sudah tersohor dalam duduk kasus hasil produksinya yang tinggi. Bawang merah varietas Bima ini banyak diminati oleh para petani bawang merah untuk dibudidayakan. Alasannya, Varietas bawang merah Bima ini bisa menghasilkan umbi besar yang bentuknya lonjong dengan warna merah muda.

Kemudian, ada jenis bawang merah varietas Lampung yang juga bisa menghasilkan panen cukup tidak mengecewakan tinggi. Bentuk Bawang Lampung ini bundar besar dan warnanya agak merah pucat.

Selanjutnya ialah varietas bawang merah benteng yang berasal dari kawasan Tangerang. varietas bawang merah benteng ini termasuk juga varietas bawang merah unggulan di Indonesia. Hasil panen dari varietas ini cukup tinggi dengan bentuk umbi lebih bulat, besar,berdaging dengan warna merah Cemerlang. Selain itu, bawang merah varietas benteng ini memiliki aroma yang sedap dan rasa yang manis. kalau bawang merah varietas benteng ini digoreng, maka baunya akan lebih sedap, Harum dan tidak liat.

Cara Memilih Bibit Bawang Merah yang Bagus

Dalam memilih bibit bawang merah dari varietas-varietas bawang merah unggul di atas, maka hendaknya bibit tidak tercampur dengan varietas lain, sehingga hasil panen dari budidaya bawang merah "tidak terbilang curah", yakni tidak bercampur Baur dari segi aroma,bentuk dan warnanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar