--> Skip to main content

Pohon Durian Biar Cepat Berbuah ? Begini Cara Budidayanya

Buah Durian di pasar gampang kita temui, apalagi di swalayan atau super market, buah durian selalu terpampang di sana dan mengundang selera untuk di makan.

Meski buah durian tergolong buah paling buruk dan angker di lihat, Namun banyak orang yang menyukainya, bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai buah raja atau rajanya buah-buahan.

Mengapa Buah Durian sebegitu Populernya dan menyandang nama “Rajanya Buah-buahan” ? tak lain alasannya buah durian mempunyai rasa yang yummy dan aroma amis yang menusuk dengan ciri khasnya yang mengundang selera.

Oleh alasannya itu, Buah durian dari waktu kewaktu selalu saja mahal harganya.

So,beruntung bagi kau yang mempunyai tumbuhan buah durian ini atau bahkan sedang membudidayakan buah durian ini.

Namun, mungkin saja di antara kita berbahagia mengingat buah durian yang harganya senantiasa mahal. Tapi disisi lain juga ada problem yang mengganjal, yakni buah durian yang kita tanam atau budidayakan tidak cepat berbuah sebagaimana mestinya atau sebagaimana yang kita harapkan.

Jangan Khawatir Kita sanggup mencoba tips atau cara-cara berikut ini, supaya buah durian yang akan kita tanam nantinya cepat berbuah lebat.

 buah durian selalu terpampang di sana dan mengundang selera untuk di makan Pohon Durian Agar Cepat Berbuah ?  Begini Cara Budidayanya
Pohon Durian Agar Cepat Berbuah Sumber Gambar : https://bibithijau.blogspot.com

Cara Agar Pohon Durian Cepat Berbuah Lebat

Adapun Cara supaya pohon durian yang kita tanam cepat berbuah langkah-langkah yang mesti kita perhatikan terlebih dahulu, Ialah  :

Lahan untuk Tanaman Durian


Tentukan lahan kebun buah durian, alasannya menentukan lahan atau tanah untuk tumbuhan durian termasuk salah satu faktor buah durian cepat berbuah lebat atau tidak.


Sebenarnya secara teori dan yang biasa terjadi dari budidaya buah durian menjadi subur dan berbuah lebat di dorong oleh faktor-faktor berikut ini :
  • Buah durian di budidyakan pada lahan yang berketinggian sekitar 50-1000 MDPL. 
  • Tanah yang di tanami durian berifat lempung berpasir yang banyak meandungan organik dan unsur hara.
  • Suhu lahan tanah  untuk durian berkisar antara 21 sampai 30 derajat Celcius.
  • Curah hujan sekitar 1.500 sampai 2.500 mm per tahun.
  • Tanah yang di cocoki tumbuhan durian ber- pH tanah sebesar 6-7.

Pohon Durian Agar Cepat Berbuah


Bibit yang berasal dari varietas unggulan akan menentukan pertumbuhan dan kualitas pohon durian Kamu. Selain itu, bibit durian harus bebas dari segala macam hama penyakit. Ada beberapa jenis bibit durian yang keunggulannya sudah diakui mirip durian monthong, chanee, dan sitokong.

Selain itu perhatikan pula kondisi bibit, bibit yang ideal umumnya mempunyai ciri-ciri sp halnya berdaun banyak, bebas hama penyakit, batang kokoh dan terdapat banyak tunas baru.

Jika Kamu menginginkan hasil panen yang melimpah sebaiknya gunakan bibit-bibit unggulan tersebut yang dibeli di tempat pembibitan yang terpercaya atau yang bersertifikat.

Penanaman Bibit Pohon Durian


Setelah Kamu mendapat bibit unggulan, sebaiknya jangan pribadi ditanam tetapi ditaruh dulu di erat lokasi tanam supaya supaya sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Sementara itu bersihkanlah lahan dari gulma atau flora liar yang mengganggu kemudian dicangkul semoga gembur kemudian campurkan pupuk dan diamkan selama kurang lebih seminggu semoga pupuk terserap sempurna oleh tanah. Setelah itu buatlah lubang dengan jarak antar lubang kurang lebih 8x8m, kemudian tanam bibit Kamu disitu. Bibit durian sebaiknya dimasukkan dalam posisi tegak, kemudian timbun dengan tanah sampai batas leher akar.


Perawatan Pohon Durian

Durian membutuhkan banyak air sehingga perlu penyiraman secara teratur setiap hari pada awal masa tanam. Oleh alasannya adalah penyiraman secara rutin ini, tanah seringkali menjadi padat sehingga perlu digemburkan dan disiangi semoga penyerapan air dan sirkulasi udara kembali lancar.

Dalam membersihkan gulma atau flora liar yang tumbuh kemudian, sebaiknya jangan menggunakan cangkul alasannya alasannya sanggup merusak akar tanaman.

Setelah kurang lebih 3 bulan ditanam, berikanlah pupuk buatan sebanyak 200g per pohon dengan rutin setiap 4 bulan sekali sampai flora berusia 3 tahun. Selain itu jangan lupa mengatakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang setiap tahunnya.

Panen Pohon Durian


Setelah melewati tahap-tahap diatas Kamu harus bersiap-siap untuk memanennya, tergantung dari varietas yang Kamu gunakan. Sebagai contoh, durian lokal umumnya sanggup dipanen sesudah berusia 8-10 tahun sejak masa tanam, sementara durian monthong sanggup dipanen dalam kurun waktu 3-4 tahun sesudah masa tanam.

Buah durian yang sudah masak dan cukup besar sebaiknya di ikat dengan tali, untuk menghindari kecelakaan simpulan tertimpa buah durian yang jatuh.

Buah durian yang sudah siap untuk dipanen umumnya mempunyai ciri-ciri ujung durinya kecoklatan, mengeluarkan aroma harum khas durian, warna garis diantara duri terlihat kontras, dan terdengar bunyi menggema apabila durian dipukul.

Setelah durian dipanen, sebaiknya beri pohon durian pemupukan ulang dan perawatan mirip halnya memotong ruas-ruas cabang yang rusak, sehingga pohon durian tetap sehat dan sanggup berbuah kembali pada tahun berikutnya.

Tags: Cara memangkas pohon durian supaya cepat berbuah,  cara mencangkok durian supaya cepat berbuah,  pupuk buah durian,  jenis durian cepat berbuah,  membuahkan tumbuhan durian,  cara mempercepat pertumbuhan tumbuhan durian,  jenis pupuk untuk durian supaya cepat berbuah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar