--> Skip to main content

Kenali Kandungan Sawi Beseta Keuntungannya Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

TIPS KESEHATAN ALAMI - Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini ?? Yup, sawi ialah tumbuhan yang sudah ada semenjak jaman dahulu. Tanaman sawi sendiri termasuk dalam golongan sayuran. Hampir semua orang sudah pernah mencicipi bahkan mengolah sayuran sawi ini. Sayuran sawi sebetulnya mempunyai banyak jenis, namun yang terkenal di Indonesia ialah sawi hijau dan sawi putih.
Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini  Kenali Kandungan Sawi Beseta Manfaatnya Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya
Sawi
Sayuran sawi yang sering kita jumpai dan banyak diolah sebagai adonan kuliner ialah sawi hijau atau biasa disebut dengan caisim. Jika kau mampir ke kedai atau warung bakso/mie ayam, pastilah sayuran yang satu ini tidak pernah ketinggalan sebagai adonan mie ayam maupun bakso. kalau kau sering nongkrong di warkop, niscaya juga akan menemukan sawi hijau sebagai adonan memasak indomie rebus.

Sawi hijau selain mempunyai tampilan yang menyegarkan, alasannya ialah warna hijaunya yang menarik dan menciptakan mata kita sejuk, ternyata sayuran ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sawi mempunyai manfaat untuk kesehatan alasannya ialah didalam sayuran sawi mengandung beberapa vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia, menyerupai :

Kandungan Vitamin Pada Sawi Hijau

  • vitamin B kompleks (asam folat)
  • vitamin A yang berasal dari karoten
  • vitamin C
  • vitamin K
Kandungan Mineral Pada Sawi
  • sodium
  • zat besi
  • kalium
  • fosfor
  • kalsium
Dengan adanya kandungan vitamin yang dimiliki sawi hijau, maka manfaat yang dihasilkan dari sayuran ini sangatlah banyak. Nah berikut ini adlah beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan :

Anti Oksidan
Sayuran sawi mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga sanggup melindungi kerusakan sel sel dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sawi mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dan ditambah dengan senyawa lain sehingga sanggup bermanfaat sebagai anti oksidan.

Dapat Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh
Manfaat sawi yang selanjutnya ialah sanggup mendetoksifikasi racun yang berada didalam tubuh. Didalam tubuh insan niscaya ada kandungan racun, walaupun jumlahnya sedikit tapi kalau dibiarkan terus menumpuk niscaya akan sangat berbahaya. Sawi membantu mengeluarkan racun dengan memanfaatkan kandungan serat yang dimilikinya, sehingga racun sanggup singkirkan lewat kanal pencernaan. Klorofil yang terkandung didalam sawi juga sanggup membantu mengeluarkan racun lainnya dari dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker
Sayuran sawi ternyata juga sanggup mempunyai kegunaan untuk mencegah penyakit kanker,hal ini alasannya ialah sawi mengandung banyak mineral juga vitamin dan antioksidan yang tinggi. Sayuran sawi juga mempunyai aroma yang tajam dan mempunyai kandungan komponen glucosinolate yang ternyata bisa menangkal pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Kekebalan Tubuh
Sayuran sawi juga mempunyai kegunaan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bertugas untuk melawan patogen yang sanggup menyebabkan infeksi. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan menjaga asukan makan yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran sawi, alasannya ialah sawi mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan juga sawi mempunyai sifat antiinflamasi yang mempunyai kegunaan untuk mencegah peradangan supaya tidak menjadi parah.

Menjaga Kadar Kolesterol
Seperti yang sudah kita tau bahwasannya dengan adanya kolesterol jahat yang tinggi didalam darah maka akan sanggup membahayakan tubuh. Nah semoga terhindar dari itu, banyak banyaklah mengonsumsi sayuran hijau menyerupai sawi, alasannya ialah sawi mempunyai antioksidan yang cukup tinggi dan sanggup menjaga kadar kolesterol dalam darah dan menekan kolesterol jahat.

Baik Untuk Ibu Hamil
Sayuran hijau sangatlah baik untuk ibu hamil. Karena sawi mengandung asam folat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Asam folat sendiri sangatlah penting untuk pertumbuhan sikecil, alasannya ialah akan membantu pertumbuhan sel dan juga DNA sikecil.

Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan
Sayuran sawi ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena sawi mengandung serat yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Oleh alasannya ialah itu, sawi sangatlah baik untuk dimasukan kedalam sajian diet harian, namun juga harus diimbangi dengan asupan kuliner yang lain dan juga olahraga semoga proses penurunan berat tubuh tercapai.

Tips Mengolah Sawi

Tumis
Banyak yang menyangka kalau sayuran ditumis makan nutrisi yang terkandung akan hilang. Bisa dikatakan kalau hal ini tidak semuanya benar. Silahkan tumis sawi menyerupai biasanya, namun lebih baik gunakan minyak sedikit saja untuk mempertyahankan nutrisinya.

Kukus/Rebus
Untuk anda yang sedang menjalankan diet, cara mengolah sawi dengan dikukus/direbus sangatlah dianjurkan. Silahkan kukus/rebus sawi sebentar saja untuk menjaga nutrisinya.

Jus
Cara berikutnya ialah dengan diolah menjadi jus. Cara ini cukuplah mudah, selain itu anda juga sanggup mencampurkan sayuran atau buah buahan yang lainnya menyerupai wortel, tomat, nanas, anda juga sanggup menambahkan madu untuk mendapat rasa manis.

Demikian artikel mengenai manfaat sawi untuk kesehatan lengkap dengan cara mengolahnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar