--> Skip to main content

35 Khasiat Dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan

Lengkuas mempunyai sejumlah zat yang sanggup bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain hanya sebagai bumbu masakan.

 Lengkuas mempunyai sejumlah zat yang sanggup bermanfaat bagi kesehatan badan 35 Khasiat dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan

Adapun 35 Khasiat dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan yaitu :



Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Radang

Lengkuas bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu juga kandungan galangin, dan karioferidanya yang akan menambah khasiat tumbuhan itu sendiri. Sehingga sangat ampuh untuk meredakan radang.



Mencegah Rambut Rontok

Kandungan fosfor dan zinc dalam lengkuas sangat efektif dalam menguatkan akar rambut dan menyehatkan kulit kepala. Sehingga pertumbuhan akar rambut tidak akan terganggu lantaran kulit kepala sehat. Efeknya ketombe akan hilang dan rambut lebih sehat berkilau.




Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan problem yang umum terjadi di kulit kepala. Ekstrak lengkuas yang bertindak sebagai antiseptik akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas sanggup diterapkan pada kulit kepala. Atau, campurkan dengan manfaat minyak zaitun maupun minyak wijen.




Mengurangi rambut bau

Selain sanggup memperkuat rambut, ekstrak lengkuas juga akan membantu mengurangi busuk rambut yang tidak enak.




Perawatan rambut kering dan rapuh

Kandungan senyawa penting menyerupai manfaat vitamin, zinc dan fosfor memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak gampang kering dan juga rapuh.



Manfaat Lengkuas untuk Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Minyak hasil olahan lengkuas sanggup membantu proses pertumbuhan rambut. Penggunaan lengkuas pada kulit kepala sanggup meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian sanggup membantu pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak lengkuas juga sangat membantu rambut tipis, yaitu dengan cara mencampurkan ramuan lengkuas dengan minyak jojoba kemudian diterapkan pada rambut yang mulai menipis.




Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut

Minyak yang dihasilkan dari lengkuas bisa membantu proses pertumbuhan rambut. Minyak ini akan meningkatkan sirkulasi darah, dengan begitu bisa membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan asam lemak didalamnya juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang tipis, caranya dengan mencampurnya dengan minyak jojoba dan dioleskan ke rambut yang tipis.




Membersihkan Bekas Jerawat

Lengkuas bisa bertindak sebagai pembersih antiseptic alami yang akan membantu menjaga kulit supaya tetap terlihat bersih, halus dan cerah. Ramuan tersebut berfungsi untuk mencerahkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, juga bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan jerawat membandel. Kandungan zat yang terdapat di dalamnya akan mengurangi pembentukan jerawat gres dengan cara membersihkan kulit dari bakteri.




Meremajakan Kulit

Selain digunakan sebagai pengobatan, lengkuas juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh, lantaran bisa membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang saling melengkapi satu sama lain.



Manfaat Lengkuas untuk Mengeluarkan Racun

Di dalam badan insan terdapat racun yang bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius. Oleh alasannya itu, untuk mengeluarkan racun tersebut di butuhkan santunan dari materi kuliner yang menyehatkan dan kaya nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas akan bekerja untuk mengeluarkan racun. Selain itu kehadiran antioksidan juga bisa menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit.


Baca Juga : 55 Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Yang Menghebohkan

Menghilangkan Bekas Luka

Antioksidan yang terkandung di dalam lengkuas bisa membantu menghilangkan beka luka, dengan cara mengiris tipis dan menempelkannya ataupun dioleskan pada bekas luka. Lakukan secara rutin minimal 2 ahad secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.




Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah riset mengatakan jikalau lengkuas mengandung manfaat flavonoid galangin. Galangin sendiri sudah terbukti mempunyai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Zat ini bisa memodulasi enzim acara dan akan menekan genotoxicity materi kimia. Selain zat tersebut juga ada kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri sanggup meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.




Menurunkan Demam

zat antipiretik dan analgesic yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi nanah yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, kepingan batang bawah pada lengkuas mengatakan imbas penghambatan in vitro yang ada pada basil patogen menyerupai hemolitik streptokokus, anthrax bacillus dan strain staphylococcus.




Memberikan Rasa Nyaman di Perut

Khasiat lengkuas bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman di perut yang diakibatkan oleh peradangan ataupun penyakit lainnya. Sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi mabuk perjalanan, muntah, serta mengurangi tanda-tanda diare. Di Negara Cina, tumbuhan ini digunakan untuk mengobati cegukan yang dikombinasikan dengan ginseng.




Mengobati bekas luka bakar

Ramuan lengkuas sanggup berkhasiat sebagai alternatif penyembuhan kulit terbakar. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, ia sanggup meringankan rasa sakit dan sanggup juga untuk menyembuhkannya menyerupai manfaat minyak kelapa. Anda juga sanggup menggosok irisan segar lengkuas pada kulit 2 hingga 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.



Mencegah penuaan dini

Jus lengkuas sanggup diterapkan untuk banyak sekali pengobatan penyakit kulit. Kandungan lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap penuaan.

Baca Juga : 25 Khasiat dan Manfaat Kedelai Selain Kaya Pengolahannya


Dapat menurunkan resiko rematik

Di negara-negara Timur Tengah, lengkuas digunakan sebagai materi ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis.




Manfaat Lengkuas untuk Menurunkan lipid

Kandungan flavonoid utama yang ada di lengkuas menyerupai galangin, quercetin dan kaempferol bisa menghambat lemak asam.




Menjaga kesehatan mulut

Ekstrak akar lengkuas sanggup digunakan sebagai obat kumur sehingga sanggup mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di lisan dan tenggorokan dan sanggup digunakan untuk menghilangkan busuk lisan (halitosis).



Mengurangi gangguan pernafasan

Lengkuas sanggup digunakan sebagai pengobatan nanah kanal pernapasan kepingan atas menyerupai bronkitis kronis dan batuk.




Mengobati diare

Lengkuas mempunyai imbas anti basil yang sanggup menyingkirkan basil patogen dan sanggup menyembuhkan diare. Dimana basil patogen yaitu basil yang bisa mengakibatkan penyakit.

Baca Juga : 20 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh


Meringankan asma

Lengkuas juga mempunyai tugas penting dalam menjaga sistem pernapasan yang sehat. Lengkuas  mempunyai imbas antispasmodik yang sanggup mengurangi dahak dan melebarkan bronkiolus untuk meredakan asma. Selain itu, lengkuas juga sanggup digunakan sebagai obat dysarthria, gagap dan aphasia.




Mencegah penyakit jantung

Dalam sistem peredaran darah lengkuas sanggup mengurangi kontraksi jantung, dengan meningkatkan suplai darah ke sistem pencernaan dan organ vital lainnya. Dalam pengobatan di ayurveda atau India, lengkuas juga sering disajikan sebagai obat tradisional penyakit jantung.  Di Negara-nega menyerupai Jerman, Austria, dan Swiss lengkuas digunakan sebagai obat rumahan yang baik untuk mencegah stroke jantung, bahkan Dr Strehlew, penulis kedokteran Bingen menyebutkan bahwa lengkuas merupakan penyelamat hidup dari serangan jantung.




Memperkuat sisterm kekekabalan tubuh

Penelitian telah menandakan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas sanggup merangsang pengembangan sel pada sistem retikulo endothelial (RES) dan meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal serta sel limpa yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.




Meringankan radang selaput lendir

Radang selaput lendir hidung yaitu kondisi produksi lendir yang berlebihan di rongga hidung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir. Bubuk lengkuas sanggup digunakan sebagai tembakau yang membantu meringankan radang.


Baca Juga : 30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Mengatasi sakit kepala

Efek anti jamur pada lengkuas sanggup diterapkan untuk kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur. Jamur sanggup menginfeksi kulit kepala dan menimbulkan ketombe. Anda sanggup pribadi menggosok pada kulit kepala atau adonan beberapa lengkuas parut dengan minyak zaitun kemudian mengoleskannya di kawasan kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur.




Manfaat Lengkuas untuk Mendukung kesehatan otak. 

Karena sifat anti-inflamasinya, senyawa yang diambil dari akar lengkuas ini yang dikenal sebagai ACA mungkin mempunyai imbas melindungi otak, mengurangi beberapa bentuk degenerasi kognitif terkait usia.




Antibakteri dan antijamur. 

Ekstrak lengkuas memberi imbas antimikroba pada beberapa basil yang dikenal lantaran menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella dan clostridium.




Manfaat lengkuas lainnya yaitu :

-Menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
-Membantu merangsang nafsu makan. 
-Mengatasi mabuk.
-Mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
-Mencegah dan mengobati tumor. 
-Meningkatkan jumlah dan fungsi sperma.




 Lengkuas mempunyai sejumlah zat yang sanggup bermanfaat bagi kesehatan badan 35 Khasiat dan Manfaat Lengkuas Selain Sebagai Bumbu Masakan


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Lengkuas dan Khasiat  nya , supaya sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar