--> Skip to main content

30 Khasiat Dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Telur asin merupakan hasil olahan telur yang dibentuk dari telur itik atau telur bebek, yang telah melalui proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang gurih, yummy dan lebih tahan lama. Disamping itu telur asin mempunyai kandungan gizi tinggi.

 Telur asin merupakan hasil olahan telur yang dibentuk dari telur itik atau telur belibis 30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya
Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Adapun 30 Manfaat dan Khasiat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya antara lain :



Memperlancar peredaran darah

Manfaat lainnya dari banyak sekali kandungan mineral yang ada pada telur asin sangatlah baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peradaran darah ini, maka suplai dari darah dan juga mineral lainnya ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar. Hal ini juga sanggup mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah.



Kaya Antioksidan

Manfaat dari telur asin yaitu sebagai antioksidan. Ya, antioksidan merupakan salah satu kandungan yang penting yang sanggup menangkal radikal bebas. Kandungan ini sanggup mencegah munculnya penyakit, salah satunya yaitu penyakit kanker.



Baik untuk perkembangan otak

Telur asin juga memilki kandungan omega 3. Omega 3 merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk untuk membantu perkembangan otak. Terutama pada masa 3 tahun pertama kelahiran dan juga saat masa mengandung. Maka dari itu ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur asin. Namun jangan berlebihan alasannya yaitu sanggup menjadikan tanda-tanda hipertensi atau darah tinggi.



Dapat menjaga kesehatan mata

Ternyata, manfaat telur asin juga mempunyai kandungan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan optimalnya asupan vitamin A pada tubuh kita, maka kita sanggup terhindar dai banyak sekali gangguan kesehatan mata dan menciptakan kesehatan mata kita akan selalu terjaga dengan baik.



Memberikan asupan energi yang tinggi

Jangan lupa, telur asin juga sanggup menunjukkan energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan selain mempunyai kandungan protein, telur asin juga mempunyai kandungan lemak, yang sanggup menghasilkan kalori. Kalori merupakan materi bakar yang diharapkan oleh tubuh untuk bergerak dan melaksanakan acara sehari-hari.



Manfaat Telur Asin sanggup Mencegah tanda-tanda anemia

Telur asin mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Dengan adanya kandungan zat besi yang ada pada telur asin ini, maka sanggup membantu tubuh untuk menegah terjadinya tanda-tanda anemia atau kekurangan darah. Biasanya tanda-tanda anemia yaitu tubuh yang terasa lemas dan juga lesu, gampang merasa lelah, mual, pusing dan sakit kepala. Maka dengan adanya kandungan zat besi pada telur asin, semua tanda-tanda anemia tersebut sanggup dicegah.



Selenium membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan

Telur asin juga mempunyai kandungan selenium. Selenium yang terkandung di dalam telur asin ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Dengan adanya kandungan selenium ini, maka anda akan terhindar dari menyebarkan macam gangguan kesehatan yang menyerang sistem kekebalan tubuh, menyerupai penyakit flu dan juga batuk.



Menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya gangguan pada tulang

Manfaat telur asin juga mengandung  fosfor dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menjaga kesehatan dan juga membantu pertumbuhan tulang kita. Hal ini menciptakan telur asin bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan juga sanggup membantu pertumbuhan anak, terutama pada masa pertumbuhan, sehingga sanggup meninggikan tubuh dengan optimal.


Baik untuk kesehatan kulit

Telur asin memilki kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kita. Dengan adanya kandungan vitamin E ini, maka kulit kita akan menjadi lebih cerah, bersinar dan juga menjadi lebih halus. Selain itu, dengan adanya kandungan vitamin E ini, kita akan terhindar dari banyak sekali gangguan pada kulit, menyerupai ruam, infeksi, iritasi, jamur, eksim dan penyakit kulit lainnya.



Meningkatkan fungsi dari sel darah merah

Manfaat telur asin bagi tubuh juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi dari sel darah merah di dalam tubuh. Telur asin juga sanggup meningkatkan kandungan sel darah merah di dalam tubuh dan juga baik untuk mencegah terjadinya pendarahan.



Membantu pertumbuhan sel baru

Protein juga sanggup membantu untuk membentuk sel-sel gres di dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Makara dengan mengkonsumsi telur asin, sel-sel tubuh yang rusak sanggup diregenerasi dengan optimal, sehingga kuat kepada ketahanan tubuh kita.



Tinggi Protein

Seperti halnya telur pada umumnya, telur asin mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Kira-kira dalam satu butir telur asin, terdapat kandungan 9 gr protein yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Protein sanggup membentuk otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.



Sebagai kudapan dan juga sobat makan

Manfaat pertama dari telur asin yang paling utama yaitu sebagai salah satu kudapan dan juga sobat untuk makan. Biasanya telur asin sering dimakan begitu saja, alasannya yaitu rasanya yang gurih dan nikmat, selain itu, telur asin juga sering dijadikan makanan pendamping, salah satunya yaitu makanan pendamping rawon.



Menambah Sel Darah Merah

Telur asin juga sangat baik bagi anda yang mempunyai dilema kekurangan darah. Karena telur asin juga mempunyai fungsi untuk menambah kandungan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, telur asin juga sanggup meningkatkan kinerja dari sel darah merah. Sehingga peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar.



Menyehatkan Kulit

Telur asin juga sangat baik untuk anda yang ingin mempunyai kulit cerah dan sehat. Karena kandungan vitamin E di dalam telur asin berfungsi baik untuk menciptakan kulit menjadi lebih cerah dan juga lembut. Tak hanya itu, kandungan telur asin juga sanggup melindungi kulit dari banyak sekali serangan penyakit kulit menyerupai jamur, ruam, iritasi, dan banyak sekali jenis penyakit kulit lainnya.



Meregenerasi Sel-Sel Baru Dalam Tubuh

Beberapa kandungan yang ada di dalam telur asin juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel gres dalam tubuh. Sehingga sel-sel di dalam tubuh yang telah mati, akan kembali diperbarui dengan sel-sel yang baru. Maka kesehatan dan juga daya tubuh pun akan meningkat.



Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Lauk yang Bergizi Tinggi

Rasa asinnya yang khas dan juga nikmat dari telur asin ini. Juga dilengkapi dengan banyak sekali kandungan gizi di dalamnya. Sehingga telur asin ini menjadi sangat cocok untuk anda konsumsi sebagai lauk pendamping makanan yang mempunyai gizi tinggi.


Kaya Protein

Rata-rata telur memang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan ini jugalah yang terdapat pada telur asin. Telur asin juga sangat cocok sekali bagi anda yang sedang menjalankan acara penambahan massa otot. Karena telur asin juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kebugaran dan juga menambah massa otot dalam tubuh.



Manfaat Telur Asin sanggup Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker Payudara

Telur asin juga mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk wanita. Karena telur asin mempunyai kandungan kolin yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari timbulnya penyakit kanker payudara. Bagi anda yang ingin tampil manis dan sehat, maka rutinlah untuk mengkonsumsi telur asin.



Cocok Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Telur asin juga cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena telur asin mempunyai kandungan fosfor dan potasium yang berfungsi untuk mengurangi rasa kram pada perut. Selain itu, kandungan kalsium di dalam telur asin juga berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya menyerupai kerikil ginjal.



Mencegah terjadinya berat tubuh rendah pada bayi.

Zat besi yang terkandung dalam telur asin mempunyai tugas dalam mendongkrak metabolisme energi dan kinerja sistem enzim. Pemenuhan Zat besi sangat bersahabat kaitannya dengan pertumbuhan berat tubuh dan tinggi tubuh bayi. Kandungan Zat besi dalam telur asin sanggup membantu mencegah terjadinya berat tubuh rendan pada bayi.


Meminimalisir Kram Perut

Pasca melahirkan potongan perut dan rahim akan mengalami rasa yang berbeda dari kondisi normal terlebih lagi apabila proses persalinan dilakukan secara operasi caesar. Kondisi perut harus dijaga dari banyak sekali permasalahan yang menganggu, salah satunya kram perut. Kandungan kalsium dalam telur asin sanggup mencukupi asupan fosfor dan potasium dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya kram perut.



Meningkatkan Kualitas ASI

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam telur asin sangat membantu meningkatkan nilai gizi pada ASI yang diberikan ibu menyusui kepada bayinya. Vitamin dan mineral yang terkadung dalam telur abnormal gampang dicerna oleh tubuh. Nilai gizi dan kualitas ASI sangat pentung dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi yang gres lahir.



Mencukupi Kebutuhan Kolin

Kolin merupakan zat yang sangat penting kiprahnya bagi perkembangan struktur otak, saraf, dan memori bagi bayi. Selain untuk bayi, kolin sanggup menjaga kesehatan dari ibu menyusui. Kandungan kolin dalam telur asin mempunyai tugas dalah hal pemenuhan zat tersebut bagi ibu menyusui. Zat kolin bagi ibu menyusui diharapkan lebih banyak daripada perempuan lain sehingga penting untuk memperhatikan pemenuhan kebutuhannya.



Sebagai Sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin ibu menyusui semoga bayi gemuk dan sehat serta mempunyai pertumbuhan yang baik. Pemenuhan vitamin D bagi ibu menyusi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur asin. Kandungan vitamin D dalam telur asin bisa dipakai sebagai pelengkap pemenuhan nutrisi dalam ASI.


Sebagai Sumber Kalsium

Kandungan kalsium dalam telur asin lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang ada pada telur biasa. Peningkatan jumlah kalsium pada telur asin bisa mencapai 2,5 kali lebih banyak akhir dari proses pengasinan. Pemenuhan kalsium sanggup mencegah dampak yang sanggup timbuk akhir kekurangan kalsium pada ibu menyusui. Kandungan kalsium yang tinggi dalam telur asin bermanfaat sebagai pemenuhan nutrisi dan kualitas ASI yang diberikan kepada bayi.



Sumber Vitamin A

Diantara sekian banyak vitamin yang ada, telur asin merupakan sumber vitamin A. Sedemikian sehingga sangat baik apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil alasannya yaitu kandungan vitamin A ubtuk ibu hamil tersebut sanggup menjaga pertumbuhan visual (penglihatan/mata) janin, menangkal toksin serta radikal bebas, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya daya tahan tubuh di sini ialah daya tahan sang Ibu daripada banyak sekali serangan patogen yang mengakibatkan penyakit, yang nantinya juga akan mempengaruhi kesehatan janin (bayi) dalam kandungannya.



Kandungan Zat Besi Tinggi

Seorang Ibu hamil yang mengalami anemia juga sanggup disembuhkan dengan cara mengkonsumsi telur asin secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan manfaat telur asin bagi ibu hamil mempunyai kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil yang tinggi dan berfungsi sebagai pemberi energi. Di mana lebih direkomendasikan untuk menentukan telur asin yang berasal dari telur bebek.

Karena telur belibis mempunyai kandungan zat besi yang lebih banyak daripada telur lainnya. Jadi, apabila Anda menderita anemia selama masa kehamilan yang sanggup membahayakan kondisi kandungan, cobalah untuk mengkonsumsi telur asin sebagai lauk saat makan.


Baca Juga : Manfaat Lompat Tali 

 Telur asin merupakan hasil olahan telur yang dibentuk dari telur itik atau telur belibis 30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Telur Asin dan Khasiat  nya , semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar