--> Skip to main content

25 Khasiat Dan Manfaat Kol Yang Ternyata Sangat Kaya Gizi

Kol atau kubis merupakan salah satu tumbuhan sayuran terfavorit untuk dijadikan sajian hidangan rumahan. Bahkan di beberapa daerah sayuran ini sangat terkenal sebagai lalapan yaitu hanya dimakan mentah-mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sebagai pendamping lauk pauk. Ternyata kol selain enak juga mempunyai kandungan manfaat bagi tubuh. Sungguh sangat bermanfaat kol ini .


 Kol atau kubis merupakan salah satu tumbuhan sayuran terfavorit untuk dijadikan sajian hidan 25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi
Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi







Adapun 25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Kaya Gizi yaitu :



Baik untuk jantung

Kandungan kalium dalam kol sangat berperan untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah supaya tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.


Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengkonsumsi kol juga sanggup membantu kebutuhan gizi asam folat dengan konsumsi kol.



Sehat untuk pencernaan

Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.



Melancarkan BAB

Seperti manfaat sayuran lainnya, manfaat kubis atau manfaat kol juga sanggup menjadi sayur yang memudahkan melancarkan BAB, kandungan serat sayuran sangat membantu melancarkan BAB.




Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat sanggup membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga sanggup meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, menciptakan jus kubis 25-50 ml sanggup membantu membasmi sakit kepala tersebut.


Kesehatan Tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral mirip kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.



Baik Untuk Mata


Kubis yaitu sumber sayuran yang kaya beta-karoten, sebagian besar orang, terutama yang sudah ‘berumur’, beralih rutin mengkonsumsi kubis alasannya yaitu kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan sanggup meningkatkan kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari beberapa penelitian sanggup mengurangi kanker prostat.



Baik Untuk Otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang sanggup membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga sanggup mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.


Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan belerang dalam kol sanggup membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini yaitu salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.



Manfaat Kol sanggup Menurunkan Berat Badan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat tubuh dengan cara alami yang sehat. Kol mempunyai banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda sanggup memakan kol dalam jumlah yang banyak alasannya yaitu mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menimbulkan berat tubuh anda.



Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan mirip pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit mirip juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond. seperti khasiat daging buaya


Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi tanda-tanda hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.



Mencegah kanker

Golongan kubis-kubisan mirip kol mempunyai zat yang bisa memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan perempuan yang mengkonsumsi sejumlah sayuran mirip kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya tanda-tanda kanker payudara.



Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi merupakan komponen yang menciptakan proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari tanda-tanda anemia. Mengkonsumsi kol sanggup disandingkan dengan jus jeruk, alasannya yaitu manfaat jeruk bisa mengoptimalkan perembesan zat besi dari manfaat kol.


Membantu mengeluarkan racun pada tubuh

Manfaat sayur kol yang lain yaitu untuk membantu mengeluarkan racun pada tubuh. Kandungan belerang serta antioksidan dalam kol membantu mengeluarkan zat sisa racun yang sanggup mengganggu kesehatan. Kandungan vitamin C pada kol juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak.



Menjaga kecantikan kulit dan mencegah jerawat

Selain mengandung vitamin C dan E, dalam kol juga terdapat kandungan sulfur. Sulfur ini membantu melawan jamur serta basil yang menimbulkan jerawat. Untuk memakai kol sebagai masker untuk mencegah jerawat, sahabat cukup menghaluskan kol kemudian gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan 10 – 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.



Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E serta ditambah dengan kandungan antioksidan pada kol bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan kol tersebut membantu menjaga regenerasi dan kesehatan kulit.



Manfaat Kol sanggup Mencegah anemia

Dalam kol terdapat kandungan zat besi, yang mana zat besi ini bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah. Zat besi ini yang membantu mencegah anemia pada tubuh.



Mencegah peradangan

Kol mempunyai kzndungan zat glutamine. Glutamine ini merupakan distributor anti inflamasi yang kuat, hal ini menjadikan kubis bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi peradangan seperi iritasi, demam, dan bermacam macam gangguan pada kulit.


Mencegah terjadinya sembelit

Seperti yang sudah diketahui, kol mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini yang membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.



Membantu progam diet

Kol mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah sehingga menciptakan kol menjadi pilihan lain sebagai sajian diet. Selain mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah, kol juga mempunyai kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan.



Membantu mengatasi pembengkakan payudara pasca melahirkan

manfaat sayur kol115Pasca melahirkani bunda akan dihadapkan duduk kasus pada payudara. Payudara biasanya akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit atau istilah jawa nawoni. Untuk mengatasi duduk kasus ini bunda sanggup memakai kol sebagai obatnya. Ambil satu buah kol kemudian lubangi mirip bentuk payudara. Taruh kol tad dalam freezer hingga mengeras. Setelah mengeras gunakan kol tadi untuk mengompres payudara. Letakkan payudara kedalam lubang kol kemudian tutup dengan bra. Biarkan kol mencair dan hingga kol layu mirip direbus.



Manfaat Kol sanggup Mencegah morning sickness

Mengkonsumsi kol secara rutin juga membantu mringankan tanda-tanda morning sickness pada ibu hamil.



Membantu megatasi sariawan

Sudah bukan belakang layar lagi kalu vitamin C ini bermanfaat untuk membantu mengatasi sariawan. Betipula kandungan vitamin C pada kol, mengkonsumsi kol secara rutin sanggup membantu mengatasi duduk kasus sariawan.



 Kol atau kubis merupakan salah satu tumbuhan sayuran terfavorit untuk dijadikan sajian hidan 25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat  nya , semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar