--> Skip to main content

23 Khasiat Dan Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan Dan Adonan Makanan Yang Sangat Istimewa

Kapur sirih sangat bermanfaat bagi kehidupan kita baik untuk kesehatan maupun untuk menambah cita rasa masakan.

 Kapur sirih sangat bermanfaat bagi kehidupan kita baik untuk kesehatan maupun untuk menam 23 Khasiat dan Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan dan Campuran Makanan Yang Sangat Istimewa
Khasiat dan Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan dan Campuran Makanan Yang Sangat Istimewa


Adapun 23 Khasiat dan Manfaat Kapur Sirih Yang Perlu Diketahui yaitu :



Mengobati luka bakar

Manfaat kapur sirih untuk kulit memang diakui handal dalam mengatasi duduk masalah kulit, salah satunya akhir luka bakar yang biasa dijumpai anda.



Mengobati diare

Masalah pencernaan juga bisa diatasi dengan kapur sirih. Caranya dengan :
-Kupas kunyit, kemudian potong menjadi kecil.
-Campurkan pada air dan rebuslah
-Tambahkan satu sendok kapur sirih
-Minum 3 kali sehari



Manfaat Kapur Sirih Cocok untuk encok

Selain pas untuk kesehatan kulit, ternyata kapur sirih cocok juga untuk mengobati encok. Keadaan ini sering menjumpai pada usia bau tanah yang melaksanakan banyak pekerjaan. Berikut ramuanya :
-Cukup tuangkan 2 sendok kapur sirih
-Campurkan dengan daun singkong. Caranya dengan meremas-remas daun singkong
-Oleskan pada cuilan yang encok
-Pakailah secara rutin 3 kali sehari



Mengobati sakit perut

Sakit perut yang biasa di derita belum dewasa juga bisa disembuhkan dengan manfaat kapur sirih untuk kesehatan. Ramuanya yakni :
-Tuangkan satu sendok kapur sirih
-Campurkan dengan daun sirsak
-Tambahkan sedikit air
-Remas-remas daun tersebut hingga benar-benar tercampur
-Oleskan pada perut anak




Mengurangi resiko kanker

Banyak orang berasumsi bahwa kapur sirih juga bisa menghilangkan atau menyembuhkan kanker kulit. Meski belum terbukti secara klinis, tapi orang bau tanah jaman dahulu sudah mempercayainya. Ramuanya yakni :
-Tuangkan satu sendok sirih dalam wadah
-Campurkan dengan deterjen
-Oleskan pada kulit yang terdapat kanker
-Perhatikan, lama-lama kanker akan mengurang



Menyembuhkan sakit tenggorokan

Sakit batuk serta gatal pada tenggorokan yakni indikasi bahwa anda sudah terjangkit penyakit. Meski bukan penyakit parah, namun hal ini mengganggu acara anda. Solusinya dengan menciptakan ramuan kapur sirih. Caranya :
-Peraslah air jeruk nipis dalam sendok
-Campurkan dengan sedikit kapur sirih
-Diminum langsung



Manfaat Kapur Sirih sanggup Mengurangi bulu ketiak

Selain bisa mencerahkan, sirih juga bisa mengurangi atau merontokan bulu ketiak. Hal ini sering di praktekan oleh perempuan Indonesia jaman dahulu. Cara dan ramuannya sama dengan yang mencerahkan ketiak.



Mencerahkan ketiak

Ketiak yang sering di cukur bulunya, lama-lama menjadi menghitam. Sebab kulit pada cuilan yang melindungi ketiak mengelupas pelan-pelan secara paksa oleh alat cukur. Hal ini menciptakan kebingungan dewasa putri yang merasa risih dengan bulu ketiaknya. Namun ia juga tak mau mempunyai ketiak kusam. Solusinya gunakanlah manfaat kapur sirih untuk ketiak.

Caranya :
-Tuangkan satu sendok kapur sirih dengan satu sendok perasan lemon
-Campurkan dengan penambahan air. Aduk hingga rata
-Bersihkan ketiak anda dahulu (disarankan sehabis mandi)
-Oles pada cuilan ketiak anda
-Tunggu selama 20 menit
-Bersihkan dengan air hangat dan sabun hingga benar-benar bersih
-Gunakan 3 kali selama seminggu




Mengecilkan kutil dan tahi lalat

Kutil dan tahi lalat bisa menurunkan tingkat rasa percaya diri anda. Apalagi jikalau keberadaanya berada di sekitar wajah. Selain menciptakan risih mata memandang, kadang kutil dan tahi lalat ini juga bisa membesar. Oleh alasannya yakni itu, lebih baik anda segera membuangnya. Paling tidak mengempeskanya. Caranya :
-Cukup dengan satu sendok sirih, campurkan detergen
-Aduk adonan tersebut hingga benar-benar tercampur
-Oleskan dengan cotton buds pada kutil atau tahi lalat
-Tunggulah hingga 20 menit
-Bilas dengan air hangatagar mengelupas
Untuk kutil, tutuplah dengan kasa pada cuilan kutil tersebut. Gantilah selama 2 hari sekali. Perhatikan apakah sudah mengecil.




Mengurangi resiko kerutan sehabis melahirkan

Hal ini menyerupai manfaat kedelai Waktu hamil tentu menciptakan anda terlihat semakin lebih berisi. Sebab dalam perut anda ada nyawa kecil yang harus dilindungi. Ketika melahirkan, tentu meninggalkan bekas kerutan atau stretch mark. Untuk menghilangkannya sanggup melalui ramuan sirih, yakni :
-Campurlah sirih sebanyak satu sendok dengan minyak kayu putih setengah sendok
-Aduk rata hingga semua benar-benar tercampur
-Tambahkan jeruk nipis
-Oleskan pada cuilan perut setiap akhir mandi



Memutihkan paha

Manfaat kapur sirih ternyata juga sangat baik untuk mencerahkan kulit. Apalagi di kawasan pangkal paha. Memang kebanyakan perempuan mempunyai kulit bersih, mulus, dan putih disekitar lengan dan lutut. Namun di kawasan pangkal paha? Belum tentu. Caranya yakni :
-Kapur sirih yang sudah direndam, ditambahkan dengan jeruk nipis
-Oleskan secara merata pada cuilan pangkal paha dan selangkangan
-Gunakan sesering mungkin, dianjurkan digunakan sehabis mandi



Mengurangi amis badan

Bau tubuh menjadi duduk masalah yang cukup mengganggu untuk acara remaja. Kepercayaan diri bahkan juga menurun ketika menyadari bahwa wangi tubuh anda sudah hilang. Berikut yakni solusi untuk mengurangi amis tubuh :
-Potong jeruk nipis menjadi dua
-Lapisi permukaan jeruk dengan sirih
-Oleskan pada ketiak anda sehabis mandi
-Biarkan meresap selama 5 menit
-Cuci higienis cuilan ketiak anda



Selain itu, kapur sirih juga bermanfaat jikalau ditambahkan di dalam makanan :


Manfaat Kapur Sirih sanggup Melezatkan keripik

Anda niscaya sering melihat simbah yang mengunyah dalam mulutnya kapur sirih. Meski menciptakan gigi menjadi kuning, tapi bisa menguatkan gigi tersebut. Selain itu juga bisa menambah cita rasa pada gorengan keripik anda. Makanan yang ditambah kapur sirih lebih cepat garing. 


Membuat kulit lumpia tidak gampang sobek

Karena saya sering menciptakan piscok (pisang cokelat keju) melted, saya sering menciptakan kulit lumpia sendiri. Agar kulit lumpia tidak rapuh, bertekstur baik, dan tidak gampang putus,  tambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulit lumpia tersebut.




Membuat rempeyek dan saroja lebih garing dan tahan lama

Salah satu belakang layar mengapa rempeyek dan saroja buatan nenek saya selalu garing dan tahan usang yakni penambahan air kapur sirih. Cukup gunakan ¼ cuilan kapur sirih yang dilarutkan dengan segelas air kemudian tunggu hingga mengendap, ambil air cuilan beningnya saja, dan campurkan ke dalam adonan rempeyek dan saroja yang anda buat.



Membuat kacang goreng lebih renyah

Agar kacang goreng yang anda buat lebih renyah, anda sanggup merendam kacang tanah kupas dengan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng. Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang ketika digoreng biar warnanya cokelat muda merata.




Membuat klepon dan cendol lebih kesat dan kenyal

Untuk anda yang sering menciptakan klepon atau cendol, penambahan beberapa sendok air kapur sirih bisa menciptakan adonan makanan lebih kesat dan kenyal. Klepon dan cendol yang dihasilkan pun akan lebih enak dan tidak gampang hancur.



Membuat ketupat dan lontong lebih tahan lama

Nenek saya selalu mengajarkan untuk menambahkan sedikit adonan air kapur sirih ke dalam beras yang akan dibentuk menjadi ketupat atau lontong. Diamkan  beras yang sudah diberi air kapur sirih selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus. Air kapur sirih sanggup menciptakan tekstur ketupat atau lontong jadi lebih kenyal dan tahan lama.



Membuat potongan buah lebih kesat dan padat pada cocktail dan manisan

Air kapur sirih yang dilarutkan dengan air kemudian digunakan untuk merendam potongan buah-buahan sebelum dibentuk manisan atau cocktail. Proses perendaman tersebut akan menciptakan buah-buahan lebih kesat, padat, dan ‘rangu’ ketika digigit. Jenis buahnya pun bisa macam-macam menyerupai mangga, salak, apel, melon, leci, jambu, bahkan pengecap buaya.




 Kapur sirih sangat bermanfaat bagi kehidupan kita baik untuk kesehatan maupun untuk menam 23 Khasiat dan Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan dan Campuran Makanan Yang Sangat Istimewa


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Kapur Sirih bagi kesehatan dan Khasiat  nya , semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar