--> Skip to main content

20 Khasiat Dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui

Ketan hitam banyak digemari sebagai pendamping bubur kacang hijau. Banyak orang yang mengkonsumsinya sebab ringan saat dimakan namun mengenyangkan. Namun siapa sangka ketan hitam sendiri mempunyai sejumlah manfaat penting yang diperlukan oleh tubuh.

 Ketan hitam banyak digemari sebagai pendamping bubur kacang hijau 20 Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui
Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam
Males baca artikel ini ?
Tonton aja Videonya  23 Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui

Adapun 20 Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui yaitu :



Manfaat Ketan Hitam Sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan pada beras ketan hitam sanggup berkhasiat bagi tubuh insan untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengobati dari beberapa macam penyakit. Selain itu kandungan antioksidan ini juga sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan membantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang memicu penyakit kanker dan tumor. Ohya, antioksidan juga sangat membantu dalm mencegah terjadinya penuaan dini pada seseorang.



Membantu dalam proses penyembuhan luka

Konsumsi beras ketan hitam sanggup membatu tubuh dalam mencukupi kebutuhan protein sehingga sanggup membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka maupun regenerasi sel dalam tubuh.



Membatu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada beras ketan hitam sanggup berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor dan kalsium ini mempunyai peranan penting dalam menciptakan tulang dan gigi menjadi kuat, bahkan kekurangan fosfor dalam menyababkan penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.



Membantu menjaga kesehatan otak

Konon, konsumsi beras ketan hitam sanggup membantu fungsi otak biar tetap baik yang berkhasiat dalam pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak. Menurut penelitian yang telah ada, kekurangan fosfor dalam tubuh sanggup menimbulkan resiko duduk masalah kognitif dan duduk masalah neurologis lain pemicu penyakit alzhemeir dan dimensia.



Manfaat Ketan Hitam untuk Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam beras ketan hitam sanggup membantu Anda dalam mencegah penyakit anemia. Anda sanggup mendapat manfaat ini dengan cara mengkonsmsi beras ketan hitam sesekali sebanyak 2-3 kali dalam dalam seminggu. Hal ini dikarenakan zat besi yang juga terkandung dalam beras ketan hitam sanggup berkhasiat untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang diperlukan oleh penderita anemia.




Membantu menjaga kesehatan kulit

Beras ketan hitam sanggup dipakai untuk menjaga kelembabab kulit ibarat jenis beras lainnya sebab bersifat mendinginkan kulit dan menciptakan kulit tampak lebih halus dan cerah. Cara memanfaatkannnya ialah dengan menggunakannya sebagai lulur maupun masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru.



Sebagai cadangan materi masakan bagi tubuh

Kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi pada beras ketan hitam sanggup menciptakan Anda merasa kenyang lebih usang dikarenakan masakan ini sanggup dijadikan sebagai cadanga materi masakan yang sewaktu-waktu diperlukan oleh tubuh.





Sebagai materi olahan makanan

Beras ketan hitam memang tidak terkenal untuk dipakai serta merta sebagai materi masakan lansung konsumsi ibarat beras lainnya. Namun beras ketan hitam sanggup diolah menjadi menyebarkan penganan enak yang tidak kalah menarik ibarat bubur ketan hitam, tape ketan hitam, bugis ketan hitam, martabak ketan hitam maupun bolu ketan hitam.




Membantu Menyuburkan Rambut

Jika anda mengalami rambut yang kurang sehat sebab tidak subur mengkonsumsi ketan hitam juga bisa bermanfaat untuk menyuburkan rambut kita sebab berdasarkan penelitian medis kandungan nutrisi yang ada pada ketan hitam ternyata memang anggun untuk membantu menyuburkan rambut kita


Membantu Mengurangi Kolestrol dalam Darah

Di jaman kini ini memang masakan berminyak praktis sekali di jumpai dan banyak juga yang menyukai makan-makanan berminyak untuk itu mengkonsumsi ketan hitam bisa membantu menetralisir atau membersihkan kolesterol pada darah sedikit demi sedikit.




Manfaat Ketan Hitam sanggup Memperlambat Proses Penuaan

Bila anda ingin infinit muda mengkonsumsi ketan hitam bisa jadi pilihan untuk memperlambat proses penuaan di karenakan kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang di mana menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini.




Menyehatakan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada ketan hitam bukan hanya anggun untuk menurunkan berat tubuh saja tetapi sangat baik juga untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh asal teratur mengkonsumsi olahan dari beras ketan hitam.



Mencegah Resiko Terkena Kangker dan Tumor

Salah satu penyakit yang mengerikan sebab masih belum 100% ada obat yang bisa mengobati penyakit ini yaitu kangker dan tumor bisa kita cegah asal kita teratur mengkonsumsi ketan hitam di karenakan kandungan yang adal dalam ketan hitam mempunyai senyawa atau zat yang bisa menjaga kita dari serangan kangker.


Mensetabilkan Aktivitas Hormon Tiroid

Hormon tiroid yang di mana berfungsi sebagi pengatur pembuluh darah biar bekerja dengan baik sehingga sangat penting untuk menawarkan nutrisi biar hormon tiroid yang ada tubuh berjalan ibarat seharusnya, mengkonsumsi ketan memang bisa di jadikan pilihan mengatasi permasalahan ini sebab kandungan yang ada di dalamnya smemiliki selenum sebanyak 9,7 mg yang di mana sekitar 18% dari rekomendasi asupan harian yang di butuhkan.




Memperbaiki Kerusakan Sel Hati

Kerusakan pada hati bisa menjadi duduk masalah besar sebab hati merupakan organ penting bagi tubuh kita sebab mempunyai kiprah sebagai menetralisir racun di dalam tubuh untuk itu mengkonsumsi ketan sebagi masakan sehat ialah pilihan yang sempurna sebagi pencegahan kerusakan hati atau bisa juga sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan pada hati.





Mencegah Terkena Resiko Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi ketan hitam akan membantu kita menurunkan berat tubuh kita sehingga bisa membantu kita menurunkan resiko terkena penyakit jantung di karenakan kandungan serat yang tinggi yang ada pada secangkir beras ketan yang di jadikan olahan masakan sebanyak kurang lebih 1,7 gr serat sehingga membantu proses penurunan berat tubuh anda.





Mencegah Terkena Resiko Diabetes

Mengkonsumsi ketan hitam secara teratur bisa membantu kita biar terhindar dari salah satu penyakit berbahaya yaitu diabetes, hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada ketan bersifat sebagai anti-inflamasi dan kaya antioksidan.




Memiliki Sumber Energi yang Baik

Dengan mengkonsumsi ketan hitam yang teratur bisa memenuhi jumlah energi yang di perlukan tubuh sebab setiap gelas kecil beras ketan hitam yang di masak bisa mengandung kalori sebanyak 169 klori atau sekitar 8% rekomendasi asupan kalori yang di butuhkan tubuh dan juga 4% tiamin, niacin yang juga sangat bermanfaat untuk memenuhi sumber energi dengan membantu metabolisme masakan menjadi materi bakar.



Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang bisa kita ambil jikalau kita memakan ketan hitam secara teratur ialah bisa menciptakan ketahanan tubuh kita atau sistem daya tubuh kita menjadi besar lengan berkuasa sehingga bisa terhindar dari menyebarkan gangguan penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja apalagi di isu terkini pancaroba yang tidak tentu.



Manfaat Ketan Hitam Dapat membantu menurunkan berat tubuh atau diet

Selain sanggup membantu menguatkan otot tubuh, kandungan kalori di dalam masakan ini dipercaya sanggup menurunkan berat tubuh sehingga cocok bagi anda yang sedang ingin diet. Selain itu, kandungan kalori di dalamnya juga sanggup memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh. Kaprikornus anda tidak perlu khawatir berat tubuh anda naik jikalau mengkonsumsi masakan ini.



Membantu menguatkan otot tubuh

Berbagai kandungan yang dimiliki di dalam bubur ketan hitam ini memang mempunyai banyakk manfaat ibarat yang sudah dijelaskan beberapa diatas. Selain itu, masakan ini juga mempunyai manfaat untuk menciptakan otot tubuh menjadi padat atau membantu menguatkan otot tubuh. Mungkin anda menginginkan mempunyai otot tubuh yang padat ibarat binaragawan, maka anda sanggup mengkonsumsi masakan ini untuk mengekarkan otot.




Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Ketan Hitam dan Khasiat  nya , semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar