--> Skip to main content

15 Manfaat Bauksit Dipakai Untuk Aneka Macam Kepentingan

Manfaat Bauksit Bagi Kehidupan Sehari-Hari


 bauksitBauksit merupakan biji utama alumunium yang terdiri dari alumunium hidroksida dan alumunium oksida. Bauksit ini pertama di temukan di tahun 1821 di les baux, oleh lantaran itu penamaannya ialah bauxite atau bauksit. Mineral bauksit merupakan mineral yang tersusun dari mineral anorganik dimana merupakan senyawa kimia yang terbentuk secara alami.


bauksitBauksit merupakan biji utama alumunium yang terdiri dari alumunium hidroksida dan a 15 Manfaat Bauksit Digunakan Untuk Berbagai Kepentingan
Manfaat Bauksit Digunakan Untuk Berbagai Kepentingan

Daerah Penghasil Bauksit


Bauksit gampang di temukan di daerah-daerah tropis yang bersahabat dengan garis khatulistiwa. Di Indonesia sendiri, potensi dan cadangan dari endapan bauksit ini cukup melimpah. Terdapat di Sumatra Utara kota Pinang, di Riau terdapat di pulau bulan dan pulau bintan, untuk tempat Kalimantan Barat terdapat di Sandai, tayang Mebukung, balai berkuah, Pantus, Kndawangan, Munggu besar, terakhir di propinsi Bangka Belitung bisa di temui di tempat Sigembir. Namun hingga ketika ini proses penambangan bauksit di Pulau Bintan merupakan satu-satunya penambangan yang terbesar di Indonesia.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Jilbab bagi Wanita Muslim

Karakteristik Bauksit

Warna bauksit jikalau dilihat dengan mata telanjang, mineral bauksit berwarna coklat orange kekuning-kuningan. Tetapi,  jikalau dilihat dengan memakai mikroskop akan nampak adanya Kristal berwarna kehitaman.

Bagaimana dengan sifat Bauksit? bauksit termasuk sangat lunak dengan angka kekerasan 1-3 skala mohs. Selain itu juga relative ringan dengan berat jenis 2,3-2,7. Bauksit gampang patah dan tidak sanggup larut dalam air serta tidak akan terbakar.


Fungsi Bauksit


Untuk menciptakan alumunium dari bauksit ini biasanya memakai 2 tahap, proses bayer dan proses hall-heroult. Pembentukan biji bauksit ini terjadi di tempat tropis dan subtropics, lantaran tempat tersebut mendukung adanya proses pelapukan. Bauksit sering ditemukan dalam lapisan datar dan tidak terlalu dalam. Lebih gampang di jumpai di hutan biomas. Oleh alasannya ialah itu penambangannya sering mengorbankan untuk merusak hutan, padahal manfaat hutan sangat vital juga untuk manusia.


Lalu Apa manfaat bauksit bagi kehidupan kita? Bauksit merupakan batuan alam yang di ciptakan yang kuasa untuk turut membantu kehidupan manusia. Berikut manfaat Bauksit bagi kehidupan sehari-hari.


Pemanfaatan aluminium

Utamanya biji bauksit akan di lelehkan dan kemudian di olah untuk menjadi alumunium. Proses tersebut memakan proses yang panjang dan memerlukan tenaga listrik yang banyak sekali. Sejauh ini Negara yang memproses pengolahan bauksit menjadi alumunium ialah Australia. Negeri kanguru tersebut menjadi produsen bauksit dan alumina terbesar di dunia.


Sejauh ini Negara tujuan yang membutuhkan alumunium dari Australia ialah Negara-negara asia menyerupai jepang dan termasuk Indonesia. Cukup ironi memang, mengingat kita mempunyai materi biji bauksit namun kita tidak bisa mengolahnya dengan optimal untuk di jadikan alumunium. Sifat yang dimiliki alumunium sangat khas yaitu bisa mengahantar panas dengan efisien.

Pemanfaatan Untuk Pembuatan Peralatan Sehari-Hari

Manfaat Bauksit  Selain pemanfaat utama untuk dijadikan alumunium, bauksit juga mempunyai banyak kegunaan untuk industry lainnya. Biji bauksit bisa di ubah menjadi sesuatu yang selama ini ada di sekitar kita, seperti:




  • Kandungan alumina pada bauksit juga di jadikan penyannga katalis pada proses penambangan lain untuk menghilangkan kotoran pada hasil tambang menyerupai minyak bumi, nitrogen, dan sulfur.
  • Bahan dasar pembuatan keramik
  • Di Industry rekaman, bauksit menjadi materi utama untuk pembuatan pita kaset
  • Dijadikan materi dasar untuk pebuatan tinta kering dan tinta laser, pada mesin fotokopi.
  • Dalam industry logam, dijadikan materi baku pembuatan besi


Selain tu sifat yang dimiliki alumunium ialah mempunyai berat yang ringan namun mempunyai kerapatan yang cukup baik, secara kekuatan juga besar. Sehingga di gunakan untuk pembuatan teknologi di zaman modern ini, seperti.


  • Pemanfaatan di Berbagai Keperluan Lainnya
  • Pembuatan atap sebuah pabrik atau rumah.
  • Pembuatan tubuh pesawat terbang


Baca Juga : Manfaat Melon Golden Terlengkap Beserta Penjelasan

Dari alumunium tersebut akan di buat aneka macam perlatan yang diharapkan insan sehari-harinya seperti.


  • Pemanfaatan Untuk Industri
  • bahan paling luar pada kaleng makanan
  • Pembuatan lapisan luar panci
  • Bahan utama pembuatan wajan





Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Bauksit dan Khasiat  nya , supaya sanggup bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar