--> Skip to main content

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan || Buah nanas yaitu buah yang mengandung air cukup tinggi serta mempunyai rasa enak dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, alasannya buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas sangat gampang ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya yang sangat terjangkau. Walaupun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun perlu berhati-hati bagi perempuan yang sedang hamil. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang dihentikan dimakan Ibu Hamil.


Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan:
1. Mengobati Cacingan
Kupas 1 buah nanas muda, kemudian basuh hingga bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, kemudian parut. Peras dan saring hasil parutannya, kemudian minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

2. Lambung terasa penuh
Ketika pencernaan terganggu, lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

3. Keseleo, memar jawaban terpukul
Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami keseleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang sudah masak, potong-potong, kemudian dijus. Lalu minum.

4. Luka bakar, gatal dan bisul
Selain enak dimakan, buah nanas juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit ibarat kulit terbakar, gatal pada kulit dan bisul. Caranya, basuh daun nanas hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Balurkan pada bab yang sakit.

5. Mengobati Radang tenggorokan
Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak, kemudian basuh hingga bersih. Potong-potong, kemudian dijus. Selanjutnya, peras memakai sepotong kain bersih. Minum air perasan, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

6. Obat Beri-beri
Manfaat buah nanas yang lainnya yaitu mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, kemudian basuh hingga bersih. Selanjutnya, jus atau parut, kemudian peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari setelah makan.

7. Peradangan di kulit (dermatitis)
Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, kemudian parut. Hasil parutannya digunakan untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bab lainnya. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya gres dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

8. Mengatasi Sembelit
Kupas 3 buah nanas yang belum masak, kemudian basuh hingga bersih. Selanjutnya, jus atau parut, kemudian peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

9. Menghilangkan Ketombe
Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, kemudian parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dicuci. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

10. Menurunkan berat badan
Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kemudian basuh hingga bersih. Potong-potong, kemudian dijus atau diparut. Selanjutnya, peras memakai sepotong kain higienis dan air perasannya eksklusif diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. (manfaatbuahdaun .blogspot.co.id)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar