--> Skip to main content

7 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan || Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan jika sudah matang, dengan bentuk buah yang banyak digemari orang. Buah belimbing rasanya sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi aneka macam macam resep masakan. Selain rasanya yang yummy dan segar, buah belimbing juga sangat baik bagi kesehatan.


Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan
1. Menyehatkan Pencernaan
Buah dan kulit belimbing menunjukkan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah absorpsi kolesterol pada kuliner dalam usus. Serat juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari zat beracun. Kandungan serat pada belimbing menciptakan pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko tanda-tanda kanker usus besar.

2. Pencegahan Kanker
Manfaat belimbing menunjukkan vitamin C yang merupakan pencegahan terhadap serangan tanda-tanda kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C yaitu antioksidan alami yang kuat, sekitar 100g. Buah belimbing akan menunjukkan 34,7mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang diharapkan setiap hari. Secara umum, manfaat buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu badan insan berbagi resistensi terhadap biro infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

3. Kaya Antioksidan
Belimbing kaya akan antioksidan menyerupai flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43mg / 100g. Senyawa ini membantu melindungi diri dari imbas kerusakan jawaban radikal bebas.

4. Meningkatkan Kerja Enzim
Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks menyerupai folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung aneka macam fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

5. Mengatasi  Tekanan Darah Tinggi
Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit menyerupai kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan efek jelek dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.

6. Mengatasi Gangguan Ginjal
Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing sanggup dikonsumsi alasannya yaitu mempunyai konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, menyerupai mengganggu absorpsi dan metabolisme beberapa mineral alami menyerupai kalsium, magnesium dan sebagainya.

7. Mengurangi Kadar kolesterol jahat
Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita tanda-tanda penyakit diabetes.

Itulah 7 manfaat buah belimbing bagi kesehatan kita, Mari kita konsumsi buah belimbing sesuai dengan kebutuhan kita. (manfaat .co.id)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar